PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TIPE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW) BERBANTUAN MEDIA TEKS CERITA RAKYAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS V KECAMATAN SELAPARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NIA, KURNIA SARI SOLEHA (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TIPE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW) BERBANTUAN MEDIA TEKS CERITA RAKYAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS V KECAMATAN SELAPARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NIA KURNIA SARI SHOLEHA (E1E215107).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran tipe PQ4R Berbantuan Media Teks Cerita Rakyat Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa kelas IV SDN Gugus V Kecamatan Selaparang. Jenis peneliti yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Dalam merencanakan rancangan penelitian tersebut, penentuan kelompok eksperimen dan keompok kontrol ditentukan dengan memperhatikan kesetaraan antara kedua kelompok tersebut. Populasi dalam peneitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus V Kecamatan selaparang yang berjumlah 189 siswa,dan untuk sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 11 Mataram yang berjumlah 33 siswa dan siswa kelas IV SDN 30 Mataram yang berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes uraian singkat (Pre-test-post-test). Skor Post-Test kemampuan membaca pemahaman siswa pada penelitian ini diuji menggunakan uji t yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat, yaitu normalitas dengan menggunakan uji kolmogorov-smirnov. uji homogenitas peneliti menggunakan uji Levene. Hasil penelitian ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t, hasil yang didapat menunjukkan bahwa, T_(hitung ) 1.749 >T_(tabel =)1.662, Taraf kepercayaan 5%, N=72, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Metode Pembelajaran Tipe PQ4R Berbantuan Media Teks Cerita Rakyat Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Gugus V Kecamatan Selaparang Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Metode Pembelajaran Tipe PQ4R dan Kemampuan Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jun 2020 04:31
Last Modified: 17 Jun 2020 04:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15692

Actions (login required)

View Item View Item