ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMPN 2 LABUAPI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI RELASI DAN FUNGSI TAHUN AJARAN 2019/2020

SANTY, ASTRIYANI (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMPN 2 LABUAPI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI RELASI DAN FUNGSI TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Santy Astriyani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 2 Labuapi dalam menyelesaikan soal cerita materi relasi dan fungsi tahun ajaran 2019/2020. Adapun indikator kemampuan berpikir kritis meliputi klarifikasi, assesment, strategi, dan inferensi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data meliputi tes kemampuan berpikir kritis yang terdiri dari 2 butir soal uraian dan wawancara. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) Subjek dengan kategori tinggi, menunjukkan bahwa mereka melalui tahap mengklarifikasi, mengassesment, mengstrategi, dan menginferensi dengan tepat dan lengkap, namun ada beberapa siswa yang melalui tahap mengassesment dan menginferensi dengan tepat tetapi kurang lengkap (2) Subjek dengan kategori sedang, menunjukkan bahwa mereka melalui tahap mengklarifikasi, mengstrategi, dan menginferensi dengan tepat tetapi kurang lengkap (3) Selanjutnya, subjek dengan kategori rendah menunjukkan bahwa mereka melalui tahap mengklarifikasi dan mengstrategi dengan tidak tepat, namun ada beberapa siswa yang melalui tahap tersebut dengan tepat tetapi kurang lengkap. Sebagian ada yang melalui tahap mengassesment dengan tepat tetapi kurang lengkap, bahkan ada yang melalui tahap mengassesment dengan tidak tepat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis; relasi dan fungsi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jun 2020 04:33
Last Modified: 17 Jun 2020 04:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15696

Actions (login required)

View Item View Item