STUDI SIFAT KUALITATIF DAN KUANTITATIF TELUR AYAM KAMPUNG BERDASARKAN TIPE JENGGER INDUK YANGDIPELIHARA SECARA TRADISIONAL DI KABUPATENLOMBOK UTARA

Rendra, Pratama (2020) STUDI SIFAT KUALITATIF DAN KUANTITATIF TELUR AYAM KAMPUNG BERDASARKAN TIPE JENGGER INDUK YANGDIPELIHARA SECARA TRADISIONAL DI KABUPATENLOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Rendra Pratama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sifat kualitatif dan kuantitatif telur ayam kampung berdasarkan jengger induk di Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini di laksanakan pada bulan September sampai Oktober 2019. Materi yang digunakan adalah indukdan telur ayam kampung sebanyak 100 ekor.Pengambilan sampel dilakukan secara Random Sampling.Variabel yang diamati yaitu sifat kualitatif meliputi warna bulu, warna shank, warna kulit, warna cuping dan bentuk jengger. Sifatkuantitatif meliputi jarak antara2 tulang pubis, jarak antara 2 tulang pubis dengan tulang dada, tinggi jengger, bobot badan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan induk ayam di Kecamatan Tanjung sebagian besar memiliki jengger Tunggal 50%, tetapi tidak ditemukan jengger walnut. Sifat kualitatif pada tipe jengger tunggal yaitu warna bulu burik, warna shank kuning, warna cuping putih, warna kulit kuning dan warna kerabang telur dengan nilai 1. Sifat kualitatif pada ayam tipe jengger pea yaitu warna bulu liar, warna shank kuning, warna cuping putih, warna kulit kuning dan warna kerabang telur dengan nilai 2.Sifat kualiatif pada ayam tipe jengger rose yaitu warna bulu burik, liar dan abu, warna shank kuning, warna cuping putih, warna kulit kuning dan dan warna kerabang telur dengan nilai 3,Ayam tipe jengger rose memeiliki sifat kualitatif jarak 2 tulang pubis, Jarak 2 tulang pubis dengan tulang dada, bobot badan, panjang telur, indeks telur, jumlah produksi, daya tetas ditemukan tertinggi kecuali tinggi jengger dan berat telur tertinggi ditemukan pada tipe jengger tunggal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Fenotipe, Ayam Kampung, Sifat Kualitatif, Sifat Kuantitatif.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jun 2020 04:33
Last Modified: 17 Jun 2020 04:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15697

Actions (login required)

View Item View Item