HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS 1 KECAMATAAN JONGGAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SARI, IDA JULIANA (2018) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS 1 KECAMATAAN JONGGAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kebiasaan belajar merupakan tingkah laku yang terbentuk karena dilakukan secara berulang-ulang dengan mengikuti cara atau pola tertentu, sehingga akan terbentuk sebuah kebiasaan belajar. Kebiasaan belajar setiap siswa berbeda-beda sesuai dengan karakteristik masing-masing siswa. Dengan kata lain, kebiasaan belajar merupakan cara-cara belajar yang dilakukan oleh siswa untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Prestasi belajar yang difokuskan dalam penelitian ini yaitu nilai akhir dari rata-rata raport siswa. Oleh karena itu, siswa dituntut untuk meningkatkan proses belajar agar dapat mencapai standar kelulusan yang ditetapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kebiasaan belajar siswa kelas V di SDN Gugus 1 Kecamatan Jonggat Tahun Pelajaran 2016/2017 , Bagaimanakah pestasi belajar siswa kelas V di SDN Gugus 1 Kecamatan Jonggat Tahun Pelajaran 2016/2017, Apakah ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V di SDN Gugus 1 Kecamatan Jonggat Tahun Pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V di SDN Gugus 1 Kecamatan Jonggat Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Gugus 1 Kecamatan Jonggat yang berjumlah 117 dengan jumlah sampel 54 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, angket, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas data dan uji linieritas regresi. Uji hipotesis meliputi uji korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kebiasaan belajar siswa kelas V dengan persentase 43% tergolong tinggi ; (2) prestasi belajar siswa dengan persentase 55% tergolong sangat tinggi; (3) ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar ditunjukkan dengan adanya thitung <ttabel(0,02<0,05)dantarafsignifikansi0,05, korelasi dalam penelitian ini tergolong sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar, dan tergolong sedang. Saran guru harus memperhatikan dan memantau prestasi belajar siswa dengan memberi bimbingan dan motivasi agar lebih semangat dalam belajarnya serta siswa dapat membiasakan diri belajar secara optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kebiasaan belajar, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 24 Mar 2018 03:57
Last Modified: 24 Mar 2018 03:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1570

Actions (login required)

View Item View Item