PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 MATARAM SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Vina, Hidayah Islami (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 MATARAM SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI VINA HIDAYAH ISLAMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 7 Mataram semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 pada materi relasi dan fungsi. Penelitian true eksperiment ini dirancang menggunakan pretest-posttest control grup design. Dua kelas dipilih sebagai subjek penelitian dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas VIII-B sebagai kelas ekperimen dan VIII-C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis statistik yang digunakan adalah Gain uji-t dan effect size untuk melihat adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa di SMPN 7 Mataram. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar matematika antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. Kontribusi model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa berada pada kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan model kooperatif STAD memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 7 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, STAD, Hasil Belajar Matematika, Materi Relasi dan Fungsi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jun 2020 04:35
Last Modified: 17 Jun 2020 04:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15703

Actions (login required)

View Item View Item