PENGARUH KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBVSERVE EXPLAIN (POE) DAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MULTI METODE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS XI MIA SMAN 8 MATARAM

ROSITA, DEWI (2020) PENGARUH KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBVSERVE EXPLAIN (POE) DAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MULTI METODE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS XI MIA SMAN 8 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI S1 UNTUK DI CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi model pembelajaran Predict, Observe and Explain (POE) dan kooperatif tipe Student Team Achievemen Division (STAD) dengan multi metode terhadap hasil belajar siswa materi hidrokarbon kelas XI MIA SMAN 8 Mataram. Jenis Penelitian Ini Adalah Eksperimen Semu Menggunakan Desain Penelitian Nonequivalent Control Grup Design dalam bentuk rancangan pre-test dan post- test. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 8 Mataram. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol dan XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Predict, Observe and Explain (POE) dan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan multi metode sedangkan kelas kontrol diberi perlakukan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrument yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung (0.33) < ttabel (1.672) yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan nilai signifikansi diperoleh 0,05 < sig. 0,938 yang lebih menguatkan bahwa H0 diterima yang berarti kombinasi model pembelajaran Predict, Observe and Explain (POE) dan kooperatif tipe Student Team Achievemen Division (STAD) dengan multi metode tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Model Pembelajaran Predict, Observe and Explain (POE) dan Student Team Achievemen Division (STAD), hasil belajar, hidrokarbon.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jun 2020 04:40
Last Modified: 17 Jun 2020 04:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15717

Actions (login required)

View Item View Item