“IMPLEMENTASI PEMBERIAN BANTUAN HUKUM SECARA CUMA-CUMA DALAM PERKARA PIDANA (Studi di POSBAKUM Pengadilan Negeri Mataram)”

Nyoman Ambarawati, Ni (2020) “IMPLEMENTASI PEMBERIAN BANTUAN HUKUM SECARA CUMA-CUMA DALAM PERKARA PIDANA (Studi di POSBAKUM Pengadilan Negeri Mataram)”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ni Nyoman Ambarawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)

Abstract

Pemberian bantuan hukum secara cuma-cuma merupakan suatu bentuk usaha Negara untuk menjamin dan memenuhi hak warga Negara yang kurang atau tidak mampu dalam memperoleh keadilan di mata hukum. Posbakum Pengadilan Negeri Mataram di bentuk berdasarkan amanah dari Undang-Undang Bantuan Hukum. Dan untuk mewujudkannya maka Posbakum Pengadilan Negeri Mataram sebagai Lembaga sosial pemberi bantuan hukum mempuyai hak dan kewajiban dalam penyelenggaraan pemberian bantuan hukum tersebut sesuai yang diatur di dalam peraturan yang ada. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian empiris,penelitian hukum empiris adalah sebuah metode penelitian hukum yang berupaya untuk melihat dalam artian yang nyata atau dapat dikatakan melihat, meneliti bagaimana bekerja hukum di masyarakat. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Undang-Undang, konseptual dan pendekatan sosiologis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data lapangan dan kepustakaan. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu dataprimer, data sekunder dan data tersier. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara studi dokumen, wawancara dan penentuan informan dan responden. Hasil penelitian yang di peroleh yaitu pemberian bantuan hukum secara Cuma-Cuma dalam perkara pidana yang berpedoman pada Undang-Undang NO.16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2013 Tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Bantuan Hukum dan Dana Penyaluran Bantuan Hukum. Dalam pelaksanaan pemberian bantuan hukum tersebut, terdapat beberapa kendala yang terjadi yaitu dari faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bantuan hukum, perkara pidana
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jun 2020 04:40
Last Modified: 17 Jun 2020 04:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15718

Actions (login required)

View Item View Item