ILHAMI, RAOHUL (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAAN ASSURE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MIA MAN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.
Text
SKRIPSI RAOHUL ILHAMI NIM. E1M 013 042.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ASSURE terhadap hasil belajar kimia siswa. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest kelompok kontrol yang tidak setara. Populasi penelitian adalah kelas XI MAN 1 Mataram tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 115 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampel bertujuan yaitu berdasarkan rata-rata UTS dan pertimbangan dari guru mata pelajaran kimia. Kelas XI MIA 3 terpilih sebagai kelas eksperimen yang di ajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ASSURE dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Kedua kelas diberikan pretest sebelum penerapan model dengan soal uraian dan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 31 dan 25. Kedua kelas diberikan posttest setelah pelaksanaan pembelajaran sebanyak 12 jam pertemuan pada kedua kelas dengan soal uraian dan didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut- turut adalah 68 dan 34. Data hasil belajar siswa selanjutnya dianalisis menggunakan uji ANAKOVA., data pretest digunakan sebagai kovariat dan diperoleh Fhitung 49.02 > Ftabel 3,96. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran ASSURE terhadap hasil belajar kimia siswa. Implikasi dari pengaruh model pembelajaran ASSURE akan dijelaskan lebih rinci dalam artikel ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | model pembelajaran ASSURE, hasil belajar kimia, hidrolisis garam. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 24 Mar 2018 03:57 |
Last Modified: | 24 Mar 2018 03:57 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1572 |
Actions (login required)
View Item |