PENGARUH MODEL PEMBELAJARAAN ASSURE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MIA MAN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017

ILHAMI, RAOHUL (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAAN ASSURE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MIA MAN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI RAOHUL ILHAMI NIM. E1M 013 042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ASSURE terhadap hasil belajar kimia siswa. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest kelompok kontrol yang tidak setara. Populasi penelitian adalah kelas XI MAN 1 Mataram tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 115 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampel bertujuan yaitu berdasarkan rata-rata UTS dan pertimbangan dari guru mata pelajaran kimia. Kelas XI MIA 3 terpilih sebagai kelas eksperimen yang di ajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ASSURE dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Kedua kelas diberikan pretest sebelum penerapan model dengan soal uraian dan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 31 dan 25. Kedua kelas diberikan posttest setelah pelaksanaan pembelajaran sebanyak 12 jam pertemuan pada kedua kelas dengan soal uraian dan didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut- turut adalah 68 dan 34. Data hasil belajar siswa selanjutnya dianalisis menggunakan uji ANAKOVA., data pretest digunakan sebagai kovariat dan diperoleh Fhitung 49.02 > Ftabel 3,96. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran ASSURE terhadap hasil belajar kimia siswa. Implikasi dari pengaruh model pembelajaran ASSURE akan dijelaskan lebih rinci dalam artikel ini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran ASSURE, hasil belajar kimia, hidrolisis garam.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Mar 2018 03:57
Last Modified: 24 Mar 2018 03:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1572

Actions (login required)

View Item View Item