PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA (Kasus di Kelurahan Kekalik Jaya Kecamatan Sekarbela Kota Mataram)

Haerun, Nisah (2020) PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA (Kasus di Kelurahan Kekalik Jaya Kecamatan Sekarbela Kota Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI fixx .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masalah sampah di Kelurahan Kekalik Jaya merupakan sebuah permasalahan yang masih belum bisa diatasi dengan baik dan benar sesuai dengan peraturan-peraturan yang ada serta pengelolaan sampah yang masih mengandalkan sistem pengangkutan sampah menjadikan pengelolaan belum efesien. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana perilaku masyarakat terhadap pengelolaan sampah rumah tangga, (2) faktor yang mempengaruhi perilaku masyarakat terhadap pengelolaan sampah rumah tangga. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber utama dalam penelitian ini adalah masyarakat atau ibu rumah tangga yang berlibat dalam proses pengelolaan sampah rumah tangga. Lokasi penelitian di Kelurahan Kekalik Jaya Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triagulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa minimnya tingkat pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat atau ibu rumah tangga yang ada di Kelurahan Kekalik Jaya menyebabkan pembuangan sampah ke aliran sungai masih terus dilakukan. Respon sikap terhadap pengelolaan sampah rumah tangga yang dilakukan oleh masyarakat atau ibu rumah tangga saat ini sudah mulai untuk menampung sampah yang dihasilkan dengan cara menyediakan tempat penampungan sampah milik pribadi sedangkan untuk tingkat keterampilan yang dilakukan yaitu masih mengandalkan sistem pengangkutan sampah dan belum melakukan pengelolaan maupun pemanfaatan sampah lebih lanjut. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu (1) perilaku masyarakat terhadap pengelolaan sampah rumah tangga dipengaruhi oleh tiga aspek yaitu yang terdiri dari pengetahuan, sikap dan keterampilan (2) faktor yang mempengaruhi perilaku masyarakat terhadap pengelolaan sampah rumah tangga meliputi kebiasaan/ tradisi, kepercayaan dan ketersediaan fasilitas. Berdasarkan penelitian ini peneliti memberi saran yaitu (1) masyarakat atau ibu rumah tangga di harapkan dapat mengolah sampah yang dihasilkan dengan baik yaitu tidak membuang ke aliran sungai (2) pihak Kelurahan dapat memberikan sosialisasi, praktek pemanfaatan sampah maupun edukasi terhadap masyarakat maupun ibu rumah tangga.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Perilaku Masyarakat, Pengelolaan, Sampah Rumah Tangga
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jun 2020 01:23
Last Modified: 18 Jun 2020 01:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15722

Actions (login required)

View Item View Item