KARAKTER TOKOH FAHRI DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY: KAJIAN PSIKOLOGI INDIVIDUAL ALFRED ADLER

APRIZAL, MAULANI (2020) KARAKTER TOKOH FAHRI DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY: KAJIAN PSIKOLOGI INDIVIDUAL ALFRED ADLER. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESISI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bentuk-bentuk kepribadian tokoh utama yaitu Fahri dalam novel Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Psikologi individual Alfred Adler digunakan sebagai teori untuk menemukan bentuk kepribadian tokoh Fahri dalam novel Ayat-Ayat Cinta. Hasil penelitian menunjukkan adanya enam prinsip pada karakter tokoh Fahri yang berkaitan dengan psikologi individual Adler, diantaranya. Prinsip rendah diri, prinsip superior, prinsip gaya hidup, prinsip diri kreatif, prinsip tujuan semu, dan prinsip minat sosial. Perubahan psikologi yang terdapat pada tokoh Fahri ketika mampu meninggalkan prinsip rasa rendah diri. Hal itu terlihat ketika menuju prinsip superior, ia mampu menghilangkan rasa kurang percaya dirinya untuk menikahi Aisha. Perjuangannya menuju kesempurnaan dengan rintangan tidak sedikit mampu ia lalui dengan gaya hidup dan diri kreatif yang berasal dari dalam diri dan lingkungannya. Tingginya minat sosial yang dimiliki tokoh utama menjadi prinsip yang dominan dalam novel ini. Kepeduliannya terhadap orang- orang di sekitarnya, dengan rasa simpati dan empati yang begitu kuat di dalam dirinya membuatnya mampu menyelamatkan orang terdekatnya dan mewujudkan cita-citanya.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: psikologi individual, karakter, tokoh utama.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jun 2020 01:24
Last Modified: 18 Jun 2020 01:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15723

Actions (login required)

View Item View Item