PERAN BANJARBEGAWE DALAM MENUMBUHKANSOLIDARITAS SOSIAL PADA MASYARAKAT DESA ( Studi Di Dusun Berembeng Barat Desa Sigerongan Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat)

PUTRI, ANISA CHARISMA (2020) PERAN BANJARBEGAWE DALAM MENUMBUHKANSOLIDARITAS SOSIAL PADA MASYARAKAT DESA ( Studi Di Dusun Berembeng Barat Desa Sigerongan Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: pelaksanaan banjar begawe di Dusun Berembeng Barat Desa Sigerongan Kecamatan Lingsar, peran banjar begawe dalam menumbuhkan solidaritas sosial pada masyarakat desa di Dusun Berembeng Barat Desa Sigerongan Kecamatan Lingsar,faktor yang mempengaruhi banjar begawe dalam menumbuhkan solidaritas sosial pada masyarakat di Dusun Berembeng Barat Desa Sigerongan Kecamatan Lingsar.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Temuan dalam penelitian yaitu: (1) pelaksanaan banjar begawe dilakukan menjadi 3 tahapan: yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penutup. 2) peran banjar begawe, yaitu: menumbuhkan kebersamaan, gotong royong, meringankan beban masyarakat yang kurang mampu, alat pemersatu, silaturahmi, dan penanaman solidaritas masyarakat. 3) faktor yang mempengaruhi banjar begawe, antara lain: antusias masyarakat, simpati, empati, partisipasi, kesadaran masyarakat, perubahan pola pikir, dukungan pemerintah desa, perbedaan tingkat pendidikan, perubahan sosial, dan solidaritas masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Banjar Begawe, Solidaritas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Jun 2020 01:26
Last Modified: 18 Jun 2020 01:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15736

Actions (login required)

View Item View Item