EVALUASI KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG TAK BERSINYAL DENGAN FASILITAS PUTARAN BALIK (U-TURN) PADA JALAN SRIWIJAYA DI KOTA MATARAM

Muhamad, Dilan Hidayatullah (2020) EVALUASI KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG TAK BERSINYAL DENGAN FASILITAS PUTARAN BALIK (U-TURN) PADA JALAN SRIWIJAYA DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Peningkatan pembangunan yang terjadi di Kota Mataram setiap tahun, mengakibatkan meningkatnya volume kendaraan yang sering menyebabkan potensi konflik lalu lintas. Kondisi tersebut mengakibatkan adanya gangguan bagi pengendara arus kendaraan pada fasilitas u-turn sehingga mempengaruhi kinerja pada jalan tersebut. Salah satu jalan di Kota Mataram yang menjadi pilihan dalam rute perjalanan bagi masyarakat adalah Jalan Sriwijaya. Perlu dilakukan tinjauan terhadap kinerja ruas jalan dengan bukaan median khususnya pada ruas jalan dan simpang tak bersinyal. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah perhitungan kinerja jalan perkotaan menggunakan MKJI 1997. Data dari lokasi bukaan median pada ruas jalan dan simpang tak bersinyal yang terkumpul melalui survey lapangan kemudian dihitung arus lalu lintas rata-rata, kecepatan rata-rata, waktu putar rata-rata, kapasitas, derajat kejenuhan, dan tingkat pelayanan jalan. Hasil analisa menunjukan arus lalu lintas rata-rata yang terjadi di ruas jalan Sriwijaya adalah sebesar 864,73 smp/jam dengan kapasitas sebesar 2737,15 smp/jam dan nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,316 sehingga tergolong dalam tingkat pelayanan “B”, sedangkan arus lalu lintas rata-rata pada simpang tak bersinyal adalah sebesar 2441,77 smp/jam dengan kapasitas 4199,91 smp/jam dan nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,581 sehingga tergolong dalam tingkat pelayanan “C”. Waktu putar rata-rata pada ruas jalan sebesar 8,04 detik dan pada simpang tak bersinyal sebesar 6,94 detik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Ruas Jalan, Simpang Tak Bersinyal, Putar Balik Arah, Kinerja Jalan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jun 2020 01:38
Last Modified: 18 Jun 2020 01:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15740

Actions (login required)

View Item View Item