IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMA BANTUAN KORBAN BENCANA ALAM GEMPA (Studi Kasus : BPBD Lombok Barat)

AHMAD, MAULANA ARI SEPTIAN (2020) IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMA BANTUAN KORBAN BENCANA ALAM GEMPA (Studi Kasus : BPBD Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Bencana alam gempa merupakan salah satu bencana alam yang mengakibatkan kerugian materi maupun non materi bagi daerah dan masyarakat yang terdampak. Pemerintah melalui Lembaga pemerintah yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan kegiatan pemberian bantuan bagi korban terdampak berdasarkan beberapa kriteria kerusakan rumah yang dialami yakni rusak ringan, sedang, dan berat. Dalam menentukan kriteria dibutuhkan data-data kerusakan rumah korban yang dalam pendataanya masih dilakukan secara manual yaitu mengisi berkas form kerusakan rumah yang dialami korban sehingga cukup membutuhkan waktu untuk melakukan pendataan dan penentuan kriterianya. oleh karena itu dalam penilitian ini akan dibangun sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) berbasis websiteyang dalam pengembangan sistemnya menggunakan framework codeigniter dengan bahasa pemrograman PHP dan database mysql. Dalam sistem ini perhitunganya menggunakan metode SAW karena metode ini cukup sesuai dengan topik permasalahan pada penelitian yang dilakukan. Hasil akhir dari pengembangan sistem ini ialah keputusankategori kerusakan rumah korban bencana alam gempa dengan kategori rusak ringan, rusak sedang atau rusak berat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci:Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting, Website.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jun 2020 01:57
Last Modified: 18 Jun 2020 01:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15748

Actions (login required)

View Item View Item