PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT MELALUI ‘WHATSAPP DAN FACEBOOK’ DI KELAS X SMKN 4 MATARAM (KE ARAH PENGEMBANGAN MULTIMEDIA)

Boga, Metri Zain (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT MELALUI ‘WHATSAPP DAN FACEBOOK’ DI KELAS X SMKN 4 MATARAM (KE ARAH PENGEMBANGAN MULTIMEDIA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi BOGA METRI ZAIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian adalah: 1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran teks anekdot melalui Whatsapp dan Facebook di kelas X SMK Negeri 4 Mataram (ke arah multimedia), 2) Untuk mendeskripsikan bentuk pengembangan media pembelajaran teks anekdot melalui Whatsapp dan Facebook di kelas X SMK Negeri 4 Mataram (ke arah multimedia), 3) Untuk mendeskripsikan proses penggunaan media pembelajaran teks aneksot melalui Whatsapp dan facebook di kelas X SMK Negeri 4 Mataram (ke arah pengembangan multimedia), dan 4) Untuk mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran teks anekdot melalui Whatsapp dan Facebook di kelas X SMK Negeri 4 Mataram (ke arah multimedia). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif yang terdiri tas tiga kangkah analisis data yaitu 1) reduksi data salah satu langkah reduksi data yang akan dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan acuan patokan (PAP) yang digunakan untuk menganalisis data menjadi data yang bermakna ; 2) Penyajian atau Organisasi data; dan 3) Verifikasi atau interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan. Valiadasi ahli yang pertama menunjukkan nilai rata-rata sebesar 4,8. Berdasarkan Pendekatan Acuan Patokan (PAP) yang dikembangkan oleh Widoyoko (2009), nilai 4,8>4,2 sehingga media pembelajaran dikategorikan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil rata- rata validasi ahli materi dan ahli media yang kedua, menghasilkan nilai yang sama dengan rata-rata validasi pertama, yaitu 4,8. Skor rata-rata ini menunjukkan bahwa media pembelajaran sangat layak untuk digunakan. Hasil rata-rata uji coba satu-satu yang dilakukan menunjukkan skor 4,1 yang berarti bahwa media ini berada pada kategori layak untuk digunakan. Selanjutnya uji coba kelompok kecil yang telah dilakukan menunjukkan skor rata- rata 4,2 yang berkategori sangat layak, sehingga melalui ujia coba kelompok kecil dapat diketahui bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Media Pembelajaran, Teks Anekdot, Whatsapp, Facebook, Multimedia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jun 2020 01:58
Last Modified: 18 Jun 2020 01:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15752

Actions (login required)

View Item View Item