KLASIFIKASI DATA TIME SERIES POLA PERGERAKAN MANUSIA DI DEPAN RUMAH MENGGUNAKAN SENSOR PASSIVE INFRARED DAN CAMERA OV2640 DENGAN METODE SVM

RELANTI, SALEHA (2020) KLASIFIKASI DATA TIME SERIES POLA PERGERAKAN MANUSIA DI DEPAN RUMAH MENGGUNAKAN SENSOR PASSIVE INFRARED DAN CAMERA OV2640 DENGAN METODE SVM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan TA 2 Relanti Saleha F1D015069.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keamanan merupakan salah satu aspek yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Seiring meningkatnya tindak kejahatan kriminalitas yang bisa terjadi di lingkungan rumah, maka perlu adanya sistem yang dapat memantau keadaan rumah dengan menerapkan algoritma yang mampu mendeteksi dan melakukan proses pengelompokan pola pergerakan manusia. Sistem yang dapat memantau keadaan rumah dari mana saja dengan menggunakan data internet sebagai koneksi jaringannya dan sistem Internet of Things. Protokol MQTT digunakan sebagai komunikasi data antara perangkat IoT dan sistem berbasis web. Sistem akan mengklasifikasi model pergerakan hasil sensor dengan metode Support Vector Machine dalam bahasa pemrograman python scikit-learn. Metode klasifikasi digunakan dalam mengkategorikan keadaan rumah normal atau tidak. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, sistem klasifikasi data time series pola pergerakan di depan rumah telah berhasil mendapatkan data pergerakan manusia secara otomatis dan diperoleh akurasi pengujian metode SVM sebesar 90%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Keamanan Rumah, Passive Infrared, ESP32-CAM, Camera, SVM, Internet of Things, MQTT, Time Series.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jun 2020 01:58
Last Modified: 18 Jun 2020 01:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15755

Actions (login required)

View Item View Item