PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI DIAGRAM VEE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI KESETIMBANGAN KELARUTAN PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 4 MATARAM

NASTITI, IIN SATYA (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI DIAGRAM VEE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI KESETIMBANGAN KELARUTAN PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 4 MATARAM. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem based learning dengan strategi diagram vee terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 4 Mataram. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain non equivalen pretest- posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 4 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017 berjumlah 139 siswa yang terbagi dalam 4 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling (pengambilan sampel berdasarkan pada persamaan karakteristik siswa dari nilai pretest). Kelas XI IPA 1 terpilih sebagai kelas eksperimen diberikan pembelajaran problem based learning dengan strategi diagram vee dan kelas XI IPA 2 terpilih sebagai kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan awal siswa (pretest) dan untuk mengukur hasil belajar siswa (posttest) adalah soal pilihan ganda. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol masing-masing adalah 48,68 dan 53,43 (pretest), serta 69,41 dan 60,00 (posttest). Uji hipotesis dengan menggunakan uji anakova diperoleh F*7,85 > Ftabel 3,98. Maka Ha diterima. Artinya penerapan pembelajaran problem based learning dengan strategi diagram vee berpengaruh positif terhadap hasil belajar kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Anisaunnafi’ah, Rifka. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas IV SD Negeri Grojogan Tamanan Banguntapan Bantul. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Aqib, Z. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya. Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. Armitage, A. 2013. Conscientization, Dialogue and Collaborative Problem Based Learning. Journal Of Problem Based Learning In Higher Education 1(1): 1-18. Astika, I. Kd. Urip., dan Suastra, I. W. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kritis. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (3). Azizi, A., Suciati, dan Maridi. 2014. Pembelajaran Biologi dengan Model PBL dengan Metode Eksperimen Disertai Teknik “Vee Diagram” dan “Fishbone Diagram” Ditinjau dari Aktivitas dan Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri 3(1): 8-18. Dewi, Sari P., Saefudin., Supriatno., dan Anggraeni, S. 2016. Penerapan Diagram Vee dalam Problem Based Learning dan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Kuantitatif Siswa pada Materi Pencemaran. Proceeding Biology Education Conference 13(1): 128-132. Djamarah, S. B. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Mar 2018 03:58
Last Modified: 24 Mar 2018 03:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1578

Actions (login required)

View Item View Item