EVALUASI KETAHANAN BEBERAPA GENOTIPE HASIL PERSILANGAN BLEWAH (Cucumis melo var. Cantalupensis) DAN MELON (Cucumis melo L.) TERHADAP HAMA KUMBANG DAUN (Aulacophora sp.)

Rosyita, Sholihatin (2020) EVALUASI KETAHANAN BEBERAPA GENOTIPE HASIL PERSILANGAN BLEWAH (Cucumis melo var. Cantalupensis) DAN MELON (Cucumis melo L.) TERHADAP HAMA KUMBANG DAUN (Aulacophora sp.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Rosyita Sholihatin_C1M016160.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tanaman blewah merupakan salah satu tanaman yang memiliki kekerabatan yang sangat dekat dengan tanaman melon. Buah ini kurang diminati karena kadungan gula buah yang rendah dan dianggap nilai ekonomisnya masih rendah sehingga tidak dibudidayakan secara komersial, melainkan hanya sebagai tanaman sampingan. Di samping memiliki kekurangan, tanaman blewah memiliki beberapa keunggulan, yaitu daging buahnya yang segar, lembut dan kulit buah yang tipis, ukuran dan bentuk buah yang bervariasai, serta lebih tahan terhadap hama dan penyakit. Tanaman melon (Cucumis melo L.) merupakan salah satu tanaman buah-buahan yang digemari oleh masyarakat. Tidak hanya karena rasanya yang manis serta aromanya yang harum dan khas, namun potensial untuk memenuhi penyediaan bahan makanan bergizi. Untuk menggabungkan keunggulan karakter melon dan blewah dapat dilakukan melalui persilangan. Persilangan blewah dan melon menghasilkan banyak genotipe keturunan hasil persilangan. Setiap genotipe memiliki keragaman karakteristik, misalnya memiliki rasa manis, daging buah lembut, ketahanan terhadap hama. Ada berbagai macam hama yang menyerang tanaman melon dan blewah, dimana tiap hama yang berbeda jenis memberikan gejala dan dampak yang berbeda. Serangan hama pada melon dan blewah dapat terjadi sejak benih, pembibitan, penanaman, hingga penyimpanan di dalam gudang. Hama kumbang yang merupakan hama utama pada tanaman Famili Cucurbitaceae, banyak menyerang tanaman blewah dan melon. Persilangan antara blewah lokal Lombok dan melon telah dilakukan dan telah dilakukan seleksi hingga keturunan keempat (F4). Hasil persilangan tanaman blewah dan melon memiliki karakter kualitatif dan kuantitatif yang beragam Hasil penelitian menunjukkan : (1) Galur-galur hasil persilangan tanaman blewah dan melon pada keturunan F4 memiliki sifat tahan terhadap hama kumbang daun dengan umur tanaman yang berbeda. Galur F4-3, F4-4, F4-6, dan F4-7 relatif lebih tahan dibandingkan galur lainnya. (2) Keturunan F4 hasil persilangan blewah dan melon yang dengan diinvestasi hama kumbang daun tidak menunjukkan perbedaan pertumbuhan dan hasil tanaman kecuali jumlah daun. (3) Peningkatan jumlah hama kumbang daun pada tanaman hasil persilangan meningkatkan intensitas serangan dan sebaliknya jumlah kumbang semakin rendah intensitas serangan juga semakin menurun

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): EVALUASI, KETAHANAN, GENOTIPE, HASIL PERSILANGAN, BLEWAH (Cucumis melo var. Cantalupensis) ,MELON (Cucumis melo L.), HAMA, KUMBANG DAUN (Aulacophora sp.)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:41
Last Modified: 19 Jun 2020 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15808

Actions (login required)

View Item View Item