ANALISIS KANDUNGAN KAROTENOID PADA ANGGUR LAUT (Caulerpalentilifera) YANG DIBUDIDAYAKAN DENGAN JARAK TANAM YANG BERBEDA PADA SISTEM PATOK DASAR

Neny, Arisqya (2020) ANALISIS KANDUNGAN KAROTENOID PADA ANGGUR LAUT (Caulerpalentilifera) YANG DIBUDIDAYAKAN DENGAN JARAK TANAM YANG BERBEDA PADA SISTEM PATOK DASAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Neny Arisqya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jarak tanam pada sistem patok dasar terhadap kandungan karotenoid anggur laut Caulerpa lentiliferaserta mengetahui jarak tanam ideal yang memberikan pengaruh optimal pada kandungan karotenoid anggur laut Caulerpa lentilifera.Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan pola Rancanagan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 3 kali ulangan dengan perlakuan yaitu Kontrol (jarak tanam 25 cm), P1 (jarak tanam 20 cm), P2 (jarak tanam 30 cm), P3(jarak tanam 35 cm), P4 (jarak tanam 40 cm), P5 (jarak tanam 45 cm). Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan sidik ragam (ANOVA) dengan taraf kepercayaan 95% dan untuk mengetahui pertumbuhan terbaik dilakukan uji lanjut menggunakan uji BNT.Hasil penelitian menunjukkan bahwa jarak tanam yang diterapkan pada sistem patok dasar tidak memberikan pengaruh terhadap kandungan karotenoid pada Caulerpa lentilifera, namum berpengaruh terhadap pertumbuhan mutlak dan laju pertumbuhan spesifik. Jarak tanam 30 cm merupakan jarak terbaik untuk pertumbuhan Caulerpa lentiliferadengan pertumbuhan mutlak 128,917 g dan laju pertumbuhan spesifik 4,965%, namun perbedaan jarak tanam tidak berpengaruh terhadap kandungan karotenoid.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: jarak tanam, karotenoid, Caulerpa lentilifera, pertumbuhan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:42
Last Modified: 19 Jun 2020 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15812

Actions (login required)

View Item View Item