PENGARUH SUBSTITUSI TEPUNG DAUN SINGKONG (Manihot utilissima)YANG DIFERMENTASI MENGGUNAKAN Rhizopus sp. PADA PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN MAS (Cyprinus carpio)

Sri, Rahmadani (2020) PENGARUH SUBSTITUSI TEPUNG DAUN SINGKONG (Manihot utilissima)YANG DIFERMENTASI MENGGUNAKAN Rhizopus sp. PADA PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN MAS (Cyprinus carpio). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pakan merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan usaha budidaya. Semakin bagus pakan yang diberikan pada ikan maka semakin bagus pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan tersebut. Mahalnya harga pakan tidak terlepas dari harga bahan baku pembuatan pakan itu sendiri. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menekan biaya produksi pakan yaitu memanfaatkan bahan pakan lokal sebagai bahan baku pakan seperti daun singkong.Daun singkong merupakan tanaman yang banyak dijumpai disekitar lingkungan kita. Daun singkong yang muda dapat dimanfaatkan oleh manusia sedangkan daun singkong yang tua akan menjadi limbah atau makanan ternak. Untuk itu pemanfaatan daun singkong tua dapat dilakukan untuk bahan baku pakan ikan dengan cara penepungan dan fermentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan mas yang diberi pakan yang ditambahkan tepung daun singkong fermentasi menggunakan Rhizopus sp..Penelitian ini dilaksanakan selama 35 hari terhitung pada 15 Maret – 29 April 2018 di Laboratorium Perikanan Program Studi Budidaya Perairan Universitas Mataram. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan perlakuan : P0 (pakan tanpa penambahan tepung daun singkong fermentasi), P1 (penambahan tepung daun singkong fermentasi 10%), P2 (penambahan penambahan tepung daun singkong fermentasi15 %), P3 (penambahan penambahan tepung daun singkong fermentasi 20%), P4 (penambahan penambahan tepung daun singkong fermentasi25%). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANOVA dengan taraf nyata 5%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa substitusitepung daun singkong fermentasi pada pakan yang digunakan dalam penelitian ini tidak memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap pertumbuhan berat mutlak, pertumbuhan harian, rasio konversi pakan, dan kelangsungan hidup benih ikan mas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pertumbuhan, Kelangsungan Hidup, Pakan, Daun Singkong
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:51
Last Modified: 19 Jun 2020 03:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15820

Actions (login required)

View Item View Item