KARAKTERISTIK HABITAT PENELURAN PENYU LEKANG (Lepidochelys olivacea) DI PANTAI KURANJI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Suci, Sukmawati (2020) KARAKTERISTIK HABITAT PENELURAN PENYU LEKANG (Lepidochelys olivacea) DI PANTAI KURANJI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - KARAKTERISTIK HABITAT PENELURAN PENYU LEKANG (Lepidochelys olivacea) DI PANTAI KURANJI KABUPATEN LOMBOK BARAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penyu merupakan salah satu jenis satwa yang dilindungi dan terancam punah. Dari 6 jenis penyu di Indonesia salah satunya yaitu penyu lekang (Lepidochelys olivacea) mendarat untuk bertelur di Pantai Kuranji, Kabupaten Lombok Barat. Penyu lekang telah masuk dalam daftar merah International Union for Conservasion of Nature (IUCN) kategori vulnerable dan Apendix I CITES yang berarti bahwa keberadaannya di alam telah terancam punah. Akan tetapi keberadaanya di Pantai Kuranji sendiri saat ini masih bisa dijumpai. Pantai Kuranji merupakan salah satu kawasan yang termasuk kedalam Kawasan Ekosistem Esensial (KEE). Melihat pentingnya peran habitat peneluran penyu dan belum tersedianya data mengenai karakteristik habitat peneluran penyu lekang di pantai kuranji, menyebabkan penelitian ini menjadi penting untuk dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik habitat peneluran penyu lekang di Pantai Kuranji Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini dilakukan di Pantai Kuranji Kabupaten Lombok Barat, dengan pengambilan data dilakukan pada bulan Mei 2019. Metode yang digunakan untuk mengetahui keberadaan sarang peneluran penyu adalah metode line transek, sedangkan untuk analisis data yang dilakukan bersifat deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa frekuensi kenaikan penyu untuk bertelur terjadi paling banyak pada pukul 21:00-23:59 wita dan pada saat bulan berada pada kondisi 75-100%. Lebar pantai tempat bertelur penyu berkisar dari 11-23 m dengan kemiringan pantai rata-rata 11° dengan kategori miring. Tekstur dan warna pasir pantai kuranji mulai dari kasar sampai halus dengan warna pasir hitam. Kedalaman sarang peneluran penyu lekang berkisar dari 45-75 cm dan 20-23 cm untuk lebarnya. Suhu rata-rata harian berkisar dari 27,9°C – 29,8°C dengan kelembaban rata-rata harian berkisar dari 68,3% – 73,2%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Karekteristik, Penyu lekang, Pantai kuranji
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Jun 2020 01:06
Last Modified: 10 Jun 2020 01:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15844

Actions (login required)

View Item View Item