TINJAUAN KUAT LENTUR PAPAN KAYU LAMINASI SILANG MENGGUNAKAN PEREKAT UREA FORMALDEHIDA Investigation On Bending strenght Of Wood Cross Laminated Timber Bond By Using Urea Formaldehida

HARDI, SABILA (2020) TINJAUAN KUAT LENTUR PAPAN KAYU LAMINASI SILANG MENGGUNAKAN PEREKAT UREA FORMALDEHIDA Investigation On Bending strenght Of Wood Cross Laminated Timber Bond By Using Urea Formaldehida. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Sabila Hardi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kebutuhan akan kayu material untuk kontruksi bangunan yang meningkat, dan berkurangnya kayu dalam dimensi yang besar dapat dipenuhi dengan kayu rekayasa seperti papan kayu laminasi silang atau Cross Laminated Timber. Cross Laminated Timber (CLT) yaitu papan kayu laminasi silang yang dilekatkan menggunakan alat penyambung dengan posisi papan kayu laminasi berselang seling dan tegak lurus.Adapuntujuandaripenelitianiniadalahuntuk mendapatkan kuat lentur papan kayu laminasi silang dan pola kegagalan yang terjadi pada CLT. Uji pendahuluanberupasifatfisik dan sifatmekanikkayudilakukanterlebihdahulu, untuk mengetahui karakteristik bahan yang digunakan pada papan kayu laminasi silang. Selanjutnya, benda uji papan kayu laminasi silang dibuat berjumlah sembilan buah dengantigajenisperekatyaituperekatmelamine formaldehida,perekaturea formaldeida,danperekatPolyvinyl Acetate(PVAc)sebagaipenyambung papan kayu laminasi silangkayu. Pengujian ini menggunakan metodeduatitikpembebanan. Hasil penelitian pengujian yang telah dilakukan pada tiga variasi perekat kayu laminasi silang didapatkan MOE(Modulus of Elastacity) melamine formaldehida, urea formaldehida dan PVAc berturut-turut sebesar 3360,80 MPa, 2618,41 MPa dan 2500,2 MPa. Untuk MOR (Modulus of Rupture) rata rata CLT untuk perekat melamine formaldehida, urea formaldehida, dan PVAc berturut turut sebesar 2,378 MPa, 1,955 MPa dan 1,440 MPa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): CLT, MOE, MOR
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 10 Jun 2020 06:47
Last Modified: 10 Jun 2020 06:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15850

Actions (login required)

View Item View Item