PENGARUH JUMLAH TUMBUKAN PADA ASPHALT CONCRETE WEARING COURSE (AC-WC) DENGAN MENGGUNAKAN ASPAL MURNI DAN ASPAL MODIFIKASI LLDPE TERHADAP BESARAN MARSHALL Effect of Number of Blow for Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC) by using Pure Asphalt and LLDPE Modified Asphalt on the Marshall Value

SHAVIRA, ADELIA OKTA (2020) PENGARUH JUMLAH TUMBUKAN PADA ASPHALT CONCRETE WEARING COURSE (AC-WC) DENGAN MENGGUNAKAN ASPAL MURNI DAN ASPAL MODIFIKASI LLDPE TERHADAP BESARAN MARSHALL Effect of Number of Blow for Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC) by using Pure Asphalt and LLDPE Modified Asphalt on the Marshall Value. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja beton aspal (AC-WC) adalah pemadatan. Pada spesifikasi bina marga 2018 telah ditentukan jumlah tumbukan untuk kondisi lalu lintas berat pada campuran AC-WC yaitu 75 kali tumbukan. Pemadatan kurang dari ketentuan maka akan menyebabkan tingkat keawetan perkerasan yang buruk karena banyaknya rongga yang tersisa, sedangkan jika pemadatan dilakukan lebih dari ketentuan menyebabkan tidak ada rongga dalam campuran sehingga terjadi bleeding. Untuk mengetahui pengaruh dari variasi jumlah tumbukan terhadap campuran AC-WC menggunakan aspal murni dan aspal modifikasi dilakukan pemeriksaan sifat volumetrik dan sifat mekanis dengan pengujian marshall standart dan marshall immersion. Kemudian menghitung nilai IKS untuk masing – masing tumbukan, hasil dari perhitungan IKS digambarkan ke dalam bentuk grafik hubungan antara variasi jumlah tumbukan dengan nilai IKS dan didapatkan persamaan untuk menghitung jumlah tumbukan optimum. Hasil pemeriksaan sifat volumetrik dan mekanis campuran AC-WC dengan menggunakan aspal murni dan aspal modifikasi pada tumbukan 75 kali, 80 kali dan 85 kali memenuhi Spesifikasi Umum Bina Marga 2018. Dari perhitungan indeks kekuatan sisa menunjukkan bahwa nilai indeks kekuatan sisa optimum pada campuran AC-WC dengan menggunakan aspal murni terdapat pada jumlah tumbukan 76 kali dengan nilai 98.76%, sedangkan nilai indeks kekuatan sisa optimum pada campuran AC-WC dengan aspal modifikasi LLDPE terdapat pada jumlah tumbukan 78 kali dengan nilai 97.83%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tumbukan, AC-WC, AC-WC Modifikasi, Indeks Kekuatan Sisa.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 10 Jun 2020 06:46
Last Modified: 10 Jun 2020 06:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15854

Actions (login required)

View Item View Item