PENGARUHPENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPNEGERI15 MATARAMTAHUN PELAJARAN 2019/2020

FAUZIAH, PUTRI AFRI (2020) PENGARUHPENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPNEGERI15 MATARAMTAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI AFRI FAUZIAH E1R012041.docx

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan: (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Mataram tahun pelajaran 2019/2020, (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPNegeri15 Mataram tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 15 Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan mengambil sampel kelas VIIIF, VIIIH, dan VIIIL yang diambil dengan teknik purposivesampling. Instrumen penelitian ini berupa angket penggunaan internet sebagai sumber belajar yang terdiri dari 20 butir pernyataan. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh,: (1) didapatkan hasil t_hitung>t_tabelyaitu 2,100>1,987yangberarti bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Mataran tahun pelajaran 2019/2020 dan diperoleh persamaan regresi linear sederhana yaituY=21,629+0,413X. Hubungan pengaruh penggunaan internet sebagai sumber belajardan hasil belajar matematika siswa termasuk dalam tingkat hubungan yang lemah (0,20 – 0,399), yaitu sebesar 0,218. Nilai koefisien yang positif menunjukkan korelasi positif, artinya terjadi hubungan searah antara variabel X dan variabel Y, sehingga jika nilai variabel X (penggunaan internet sebagai sumber belajar) tinggi, maka nilai variabel Y (hasil belajar matematika) akan menjadi tinggi pula dan sebaliknya.(2) kontribusi/pengaruh yang diberikan oleh variabel X terhadap variabel Y didapatkan hasil sebesar 4,8% yang berarti 95,2% hasil belajar matematika siswa dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Internet Sebagai Sumber Belajar, Hasil Belajar Matematika, Regresi Linear Sederhana
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 10 Jun 2020 06:45
Last Modified: 10 Jun 2020 06:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15859

Actions (login required)

View Item View Item