TAHAPAN SIKLUS HIDUP DAN PENGEMBANGAN PRODUK BERBAHAN BAKU KELOR PADA CV. TRI UTAMI JAYA

Erwin, Irawan (2020) TAHAPAN SIKLUS HIDUP DAN PENGEMBANGAN PRODUK BERBAHAN BAKU KELOR PADA CV. TRI UTAMI JAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ERWIN IRAWAN (C1G116035).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada umumnya setiap agroindustri memiliki brand, jenis produk dan strategi yang berbeda-beda. Tidak jarang ditemukan produk disetiap perusahaan sering mengalami rentang usia yang terbatas dan harus digantikan oleh produk yang lebih baru. Hal ini yang membuat perusahaan produk berbahan baku kelor dituntut lebih piawai dalam mengembangkan serta mengelola produk. Semua produk berbahan baku kelor mengalami siklus hidup mulai dari produk diciptakan, mengalami beberapa fase, dan pada akhirnya penjualan menurun ketika ada produk baru yang datang. Produk berbahan baku kelor di CV. Tri Utami Jaya termasuk sebagai produk baru. Produk baru biasanya menghadapi resiko dan kendala dalam siklus hidupnya. Oleh karena itu perlu strategi-strategi dalam menjalankan siklus hidupnya dari sejak pengenalan sampai penurunannya. Penelitian bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi tahapan masing-masing produk berbahan baku kelor pada CV. Tri Utami Jaya dalam siklus hidup produk (Product Life Cycle); (2) Menganalisis kendala yang dihadapi dalam tahapan siklus hidup dan pengembangan produk berbahan baku kelor pada CV. Tri Utami Jaya; (3) Menentukan strategi siklus hidup produk berbahan baku kelor dalam tahapan siklus hidup produk (Product Life Cylce) pada CV. Tri Utami Jaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data adalah wawancara dan teknik survei dan kuesioner. Unit analisis dalam penelitian ini adalah produk berbahan baku kelor pada CV. Tri Utami Jaya. Penentuan daerah sample dilakukan dengan cara purposive sampling. Responden pada penelitian ini adalah pemilik CV. Tri Utami Jaya. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu analisis tahapan siklus hidup produk, kendala dalam tahapan siklus hidup produk dan penentuan strategi produk dalam tahapan siklus hidup produk. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Macam-macam produk berbahan baku kelor di CV. Tri Utami Jaya adalah Teh Celup Moringa KIDOM, Teh Celup Morikai, Teh Bubuk Moringa SaSaMbodoM, Beauty Moringa SaSaMbodoM dan Kapsul Moringa SaSaMbodoM. (2) Tahapan produk berbahan baku kelor di CV. Tri Utami Jaya yaitu: (a) Teh Celup Morikai dalam tahapan perkenalan; (b) Teh Celup Moringa KIDOM dalam tahapan pertumbuhan; (c) Beauty Moringa SaSaMbodoM dan Kapsul Moringa SaSaMbodoM dalam tahapan kedewasaan; dan (d) Teh Bubuk Moringa SaSaMbodoM dalam tahapan penurunan. (3) Beberapa strategi masing-masing produk berbahan baku kelor yaitu: a) Teh Celup Moringa KIDOM dengan meningkatan kualitas kemasan; b) Teh Celup Morikai dengan menginovasi isi kemasan; c) Teh Bubuk Moringa SaSaMbodoM dengan memodifikasi kemasan, isi, ukuran, dan design produk lebih menarik; d) Beauty Moringa SaSaMbodoM dengan memperluas pangsa pasar; dan e) Kapsul Moringa SaSaMbodoM dengan memodifikasi bauran pemasaran dengan promosi melalui social media online maupun offline. (3) Kendala yang dihadapi adalah tingginya biaya kemasan pada masing-masing produk, biaya distribusi bahan produksi, kurangnya pengawasan dalam penggunaan mesin, kendala sosial, kebijakan pemerintah dan segmen pasar yang masih terbagi-bagi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan: (1) Diharapkan bagi pemilik usaha CV. Tri Utami Jaya untuk melaksanakan strategi yang telah diidentifikasi terhadap produk yang mengalami tahap penurunan, tahap perkenalan, tahap pertumbuhan dan tahap kedewasaan; (2) Diharapkan kepada CV. Tri Utami Jaya agar rutin mengontrol kegiatan produksi untuk menjaga kualitas produk (3) Diharapkan kepada pemerintah, instansi, perusahaan/toko dan retail terkait untuk mendukung segala upaya inovasi UMKM NTB.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Siklus Hidup Produk, Strategi Siklus, Produk Kelor.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2020 01:00
Last Modified: 23 Jun 2020 01:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15862

Actions (login required)

View Item View Item