PENGEMBANGAN PRAKTIKUM BERBASIS LINGKUNNGAN DAN KEBUTUHAN SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LABORATORIUM MAHASISWA PADA PERKULIAHAN ANIMAL EKOLOGY PRODI BIOLOGI FKIP UNRAM

Liwa, MLI PENGEMBANGAN PRAKTIKUM BERBASIS LINGKUNNGAN DAN KEBUTUHAN SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LABORATORIUM MAHASISWA PADA PERKULIAHAN ANIMAL EKOLOGY PRODI BIOLOGI FKIP UNRAM. Jurnal Kependidikan.

[img] Text
JURNAL KEPENDIDIKAN NO 1.pdf

Download (913kB)

Abstract

Pembukaan program PGMIPABI prodi FKIP Unram menuntut peningkatan kualitas perkuliahan dan praktikum. Tidak tersedianya petunjuk praktikum dalam perkuliahan animal ekology merupakan kendala yang penting dan urgent untuk diselesaikan. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan praktikum dengan mengembangkan praktikum berbasis lingkungan dan kebutuhan sekolah. Pengembangan praktikum yang dimaksud difokuskan pada pengembangan petunjuk praktikum dan pengembangan kemampuan praktikum mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan subjek penelitiannya adalah mahasiswa semester VI tahun ajaran 2011/2012 kelas B (PGBI) prodi pendidikan biologi yang berjumlah 14 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan praktikum mahasiswa meningkat dari siklus I ke siklus III. Nilai kemampuan praktikum mahasiswa dari siklus I ke siklus III berturut-turut 57%, 71% dan 86%. Hasil ini menunjukkan bahwa pada siklus ke III, baik proses yang dilakukan mahasiswa saat prakitkum maupun nilai laporan praktikum mahasiswa telah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan. Dengan demikia, dapat disimpulkan bahwa pengembangan praktikum yang memperhatikan lingkungan dan kebutuhan sekolah dapat meningkatkan kemampuan praktikum mahasiswa pada perkuliahan animal ecology Prodi Pendidikan Biologi FKIP Unram.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): animal ecology, praktikum, lingkungan, keterkaitan sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mohammad Liwa Ilhamdi
Date Deposited: 16 Jun 2020 05:38
Last Modified: 16 Jun 2020 05:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15871

Actions (login required)

View Item View Item