PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA (MATHEMATICS ANXIETY) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 LABUHAN HAJI TAHUN AJARAN 2019/2020

SARIMAH, SARIMAH (2020) PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA (MATHEMATICS ANXIETY) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 LABUHAN HAJI TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LULUK FAUZIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Labuhan Haji tahun akademik 2019/2020. Jenis penelitian adalah penelitian expo facto. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Labuhan Haji. Teknik stratified cluster random sampling digunakan untuk memperoleh 100 sampel siswa. Data kecemasan matematika diperoleh dengan kuesioner tertutup dan tes. Tes dengan soal pilihan ganda digunakan untuk mendapatkan prestasi belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi negatif antara kecemasan matematika dan prestasi belajar matematika yaitu α = -0,7. Dengan kata lain, korelasinya berada dalam kategori tinggi. Kontribusi kecemasan matematika terhadap prestasi belajar matematika dapat ditunjukkan dengan koefisien determinasi 49%. Hal ini menunjukkan bahwa kecemasan matematika berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Labuhan Haji pada tahun akademik 2019/2020. Hasil ini juga dapat ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = 121,5 -0,82X dengan Y adalah prestasi belajar matematika dan X adalah kecemasan matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kecemasan matematika, hasil belajar matemamatika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2020 01:05
Last Modified: 23 Jun 2020 01:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15883

Actions (login required)

View Item View Item