ANALISIS TINGKAT METAKOGNISI DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMPN 4 LINGSAR TAHUN AJARAN 2019/2020

NOPYTA, INTAN SARI (2020) ANALISIS TINGKAT METAKOGNISI DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMPN 4 LINGSAR TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Metakognisi adalah kesadaran peserta didik akan proses berpikirnya dan memantau proses berpikirnya. Dalam hal ini peserta didik menyadari kelemahan dan kelebihan yang dimiliki selama proses pembelajaran. Salah satunya adalah memecahkan masalah, peserta didik secara tidak langsung menggunakan metakognisi. Namun, dalam memecahkana masalah peserta didik memiliki tingkat metakognisi yang berbeda-beda. Tingkat metakognisi peserta didik terdiri dari tacit use, aware use, strategic use, dan reflektive use. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat metakognisi peserta didik dalam memecahkan masalah dan hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematika dan tingkat metakognisi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Lingsar dengan sampel 20 orang dari kelas IX C. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif menggunakan metode Flow Models dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, untuk analisis data kuantitatif menggunakan korelasi Rank Spearman. Setelah proses analisis data diperoleh hasil penelitian yaitu tingkat metakognisi peserta didik kelas IX di SMPN 4 Lingsar terdiri dari tacit use, aware use, dan strategic use dengan persentase sebesar 80%, 15%, dan 5%. Untuk hubungannya antara kemampuan pemecahan masalah dan tingkat metakognisi berada pada kategori sangat tinggi dengan koefisien korelasi 0,68. Oleh karena itu, ketika kemampuan pemecahan masalah meningkat maka tingkat metakognisi juga meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metakognisi, Tingkat Metakognisi, Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2020 01:05
Last Modified: 23 Jun 2020 01:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15884

Actions (login required)

View Item View Item