PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SHINTIA, PRATINI T (2020) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis pola asuh yang berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dan untuk mengetahui kriteria hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 3 Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020 untuk tiap-tiap jenis pola asuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex pos facto dengan pendekatan statistic deskriptif dan kuantitatif.Penentuan sampel dilakukan dengan teknik proportionate purposive sampling dengan mengambil perwakilan tiap-tiap kelas untuk dijadikan sampel, setelah diambil 20% dari jumlah populasi, diperoleh sampel sebanyak 131 siswa. Jenis pola asuh yang diterapkan oleh orang tua ditentukan berdasarkan skor tertinggi pada angket pola asuh orang tua pada tiap keseluruhan item pernyataan untuk tiap pola asuh. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan teknik statistik deskriptif, terdapat 12 siswa dengan tipe pola asuh otoriter, 44 siswa dengan tipe pola asuh permissif, dan 75 siswa dengan pola asuh autoritatif. Hasil belajar matematika siswa untuk tiap-tiap pola asuh sebagian besar berada pada kategori sangat rendah. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh nilai t_hitung untuk tiap-tiap pola asuh, mulai dari pola asuh otoriter, permisif, dan autoritatif secara berturut-turut yaitu 0,83 , -1,16, dan 3,63, dengan nilai t_tabel yaitu 2,02, 2,23, dan 1,99.Sehingga, dapat diketahui bahwa pola asuh orang tua yang berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 3 Mataram adalah pola asuh autoritatif, karena nilait hitung lebih besar daripadaniali t tabel, yaitu 3,63>1,99,dengan besar pengaruh yaitu 15,32%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci:Pengaruh, Pola Asuh, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2020 01:05
Last Modified: 23 Jun 2020 01:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15886

Actions (login required)

View Item View Item