ANALISIS MODAL SOSIAL DAN KAPASITAS KELEMBAGAAN KELOMPOK TANI HUTAN KEMASYARAKATAN WANA LESTARI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Lalu, Amin Rosidi (2020) ANALISIS MODAL SOSIAL DAN KAPASITAS KELEMBAGAAN KELOMPOK TANI HUTAN KEMASYARAKATAN WANA LESTARI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - ANALISIS MODAL SOSIAL DAN KAPASITAS KELEMBAGAAN KELOMPOK TANI HUTAN KEMASYARAKATAN WANA LESTARI KABUPATEN LOMBOK TIMUR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kelembagaan dan modal sosial merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam manajeman sistem pengelolaan hutan. Kelembagaan yang baik tentu akan ditopang oleh modal sosial yang kuat begitu juga sebaliknya. Pada unit pengelolaan hutan seperti HKm sangat diperlukan sistem kelembagaan yang baik serta dukungan modal sosial demi tercapainya pengelolaan hutan yang lestari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui modal sosial (tingkat kepercayaan, jaringan, dan norma sosial) dan kapasitas kelembagaan (kelola kelembagaan, kelola kawasan dan kelola usaha). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitaif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, Focus Group Discussion (FGD) dan Studi Literatur. Pengambilan sampel menggunakan Pursposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan modal sosial dari tingkat kepercayaan mendapatkan skor 119 (90%), jaringan sosial mendapatkan skor 107 (81%) dan norma social mendapatkan skor 91 (67%). Maka modal sosial yang terdapat di HKm Wana Lestari dikategorikan cukup tinggi. Adapun kapasitas kelembagaan dari kelola kelembagaan mendapatkan skor 225, kelola kawasan mendapatkan skor 195 dan kelola usaha mendapatkan skor 255, maka apabila ditotalkan kapasitas kelembagaan pada HKm Wana Lestari mendapakan total skor sebesar 675 dan berada pada kategori kelas madya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Kelompok Tani Hutan (KTH), Hutan Kemasyarakatan (HKm), Modal Sosial, Kapasitas Kelembagaan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2020 01:15
Last Modified: 23 Jun 2020 01:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15896

Actions (login required)

View Item View Item