PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATA KULIAH INVERTEBRATA

Liwa, MLI PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATA KULIAH INVERTEBRATA. Jurnal Kependidikan.

[img] Text
jURNAL KEPENDIDIKAN NO 2.pdf

Download (968kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Invertebrata dengan metode inquiry terbimbing mahasiswa S1 Pendidikan Biologi tahun 2011-2012. Data dikumpulkan dengan tehnik observasi dan tes. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah penerapkan metode inquiry oleh dosen berhasil jika berkatagori baik, aktivitas mahasiswa dalam perkuliahan berkatagori aktif dan indikator keberhasilan dalam belajar adalah ketuntasan klasikal jika 85% mahasiswa memperoleh nilai ≥ 65. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa peran dosen dalam membelajarkan mahasiswa belum maksimal dengan skor 3,36. Rata-rata skor aktivitas belajar mahasiswa 2,9 dengan kategori cukup aktif dan hasil belajar mahasiswa rata-rata 75,6 dengan ketuntasan klasikal 62%. Mahasiswa dalam mengerjakan tugas termasuk dalam kategori cukup baik. Pada siklus II peran dosen sudah baik dengan rata-rata skor 3,6. Aktivitas belajar mahasiswa berkategori aktif dengan rata-rata skor 3,4 dan hasil belajar mahasiswa rata-rata 84,3 dan ketuntasan klasikal mencapai 88%. Mahasiswa dalam mengerjakan tugas termasuk kategori sangat baik. Simpulan penelitian ini adalah penerapkan metode inquiry terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa S1 Pendidikan Biologi pada mata kuliah Invertebrata tahun 2011-2012.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Inquiry terbimbing, aktivitas, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mohammad Liwa Ilhamdi
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:52
Last Modified: 19 Jun 2020 03:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15901

Actions (login required)

View Item View Item