IMPLEMENTASI KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARIAH DALAM PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Pengadilan Agama Mataram)

LINDAYANI, LINDAYANI (2020) IMPLEMENTASI KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARIAH DALAM PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Pengadilan Agama Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LINDAYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedudukan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah dalam penyelesaian sengketa, penerapannya sebagai dasar pertimbangan hakim, serta berbagai kendala di dalamnya, yang merupakan penelitian normatif empiris dengan pendekatan konseptual, sosiologis dan pendekatan kasus. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah merupakan sumber hukum materiil pengadilan agama yang bersumber dari hukum Islam, sebagai pedoman dalam menyusun pertimbangan hukum dan mengeluarkan amar putusan. Dilihat dari sudut pandang penegak hukum, tidak ada kendala dalam penerapannya, namun dari sudut pandang teoritis terdapat beberapa kendala yang mendesak agar Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah memiliki kekuatan hukum tetap serta mengikat bagi subyek hukum di luar hakim.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah, Sengketa, Ekonomi Syariah.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2020 01:17
Last Modified: 23 Jun 2020 01:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15909

Actions (login required)

View Item View Item