ANALISIS EKONOMI DAN FINANSIAL USAHA PETERNAKAN AYAM RAS PETELUR DI KECAMATAN PRAYA TIMUR KABUPATEN LOMBOK TENGAH

HERI, APRIANTO (2020) ANALISIS EKONOMI DAN FINANSIAL USAHA PETERNAKAN AYAM RAS PETELUR DI KECAMATAN PRAYA TIMUR KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Heri Aprianto_Analisis Ekonomi dan Finansial Usaha Peternakan Ayam Ras Peterlur_di Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lomb~1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1). Menghitung pendapatan peternak dalam usaha peternakan ayam ras petelur di Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. 2).Untuk menganalisis kelayakan usaha peternakan ayam ras petelur dilihat dari aspek ekonomi di Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. 3). Untuk mengetahui kendala yang dihadapi peternak dalam usaha peternakan ayam ras petelur di Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Metodepenelitianiniadalahmetodedeskriptif. Unit Analisis dalam penelitian ini adalah pendapatan dan kelayakan usaha peternak ayam ras petelur di Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam yaitu: kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik surveydanpenentuanrespondendalampenelitianinidilakukandenganmetodesensussehinggadidapatkan 19 peternak ayam ras petelur yang ada di Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Berdasarkan hasil penelitian usaha peternakan ayam rasa petelur ini layak untuk di usahakan karena nilai analisisNPVpositif yakni sebesar Rp 117.091.021 denganIRR sebesar 60,46% yakni nilai NPV pada IRR tersebut sama dengan nol, Net B/C sebesar 1,9 yakni setiap satu rupiah biaya yang dikeluarkan akan mendapatkan penerimaan sebesar 1,9 rupiah, dan masa pengembalian investasi atau Pay Back Period yakni 1 Tahun 7 bulan 6 hari. Jika dilihat dari nilai analisis di atas maka usaha peternakan ayam ras petelur di kecamatan praya timur kabupaten lombok tengah layak untuk diusahakan karena nilai analisis kelayakan lebih dari nilai minimum. Disarankan bagi instansi pemerintah agar bisa melakukan bimbingan pelatihan kepada peternak supaya bisa mengupdate informasi terbaru tentang peternakan baik penyakit atau virus yang sedang terjadi dan cara penanggulangannya serta memberikan keringanan kepada peternak dengan memberikan kredit bunga rendah supaya peternak bisa mengembangkan usahanya.Diharapkan peternaktetap mengecek perkembangan terbaru dari segi harga-harga baik harga input maupun output agar apabila ada perubahan harga peternak dapat segera mengatasinya. Perkembangan teknologi baru juga perlu dipertimbangkan oleh peternak agar dengan adanya teknologi yang modren peternak dapat mengoptimalkan dan megefisienkan kegiatanusaha.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Ekonomi dan Finansial, Ayam Petelur
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2020 01:26
Last Modified: 23 Jun 2020 01:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15913

Actions (login required)

View Item View Item