PENGARUH KONSENTRASI KARAGENAN DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP VIABILITAS Lactobacillus casei SEBAGAI PROBIOTIK DAN SIFAT SENSORIS COCOGHURT

MEILAWANTI, MEILAWANTI (2020) PENGARUH KONSENTRASI KARAGENAN DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP VIABILITAS Lactobacillus casei SEBAGAI PROBIOTIK DAN SIFAT SENSORIS COCOGHURT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MEILAWANTI J1A016065.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Cocoghurt merupakan salah satu produk modifikasi dari yoghurt, dimana pada penelitian ini dilakukan inovasi penambahan probiotik dan prebiotik untuk mencapai sifat pangan fungsional.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki mutu cocoghurt yakni dengan penambahanLactobacillus casei sebagai mikroba probiotik dengan penambahan karagenan sebagai bahan prebiotik.Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dua faktor yakni konsentrasi karagenan dengan 3 perlakuan yakni 0%, 0,5%, dan 1% dan dikombinasikan dengan lama fermentasi yakni 0 jam, 6 jam, dan 12 jam. Masing- masing perlakuan diulang sebanyak tiga kali sehingga diperoleh 27 unit percobaan. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan analisis keragaman (Analysis of Variance) pada taraf nyata 5% menggunakan software Co-Stat. Apabila terdapat pengaruh yang berbeda nyata maka dilanjutkan dengan Uji Lanjut Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 5%. Adapun parameter yang diamati meliputi total BAL, viabilitas Lactobacillus casei, nilai pH, dan sifat sensoris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi karagenan dan lama fermentasi memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap total BAL, viabilitas Lactobacillus casei, pH, dan sifat sensoris berdasarkan uji skoring dan aroma, smoothness, dan sandness secara hedonik. Penambahan karagenan dengan konsentrasi 0,5% yang difermentasi selama 12 jam merupakan perlakuan terbaik dengan total BAL 5,71 x〖10〗^10CFU/ml, viabilitas sebesar 119,22%, nilai pH 4,97 dan memiliki sifat sensoris yang agak disukai panelis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci :cocogurt, santan kelapa, Lactobacillus casei, karagenan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Jun 2020 01:00
Last Modified: 24 Jun 2020 01:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15915

Actions (login required)

View Item View Item