PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK OLAHAN PERTANIAN UKM DI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Septiana, Wulandari (2020) PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK OLAHAN PERTANIAN UKM DI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SEPTIANA WULANDARI (C1G016213).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pemanfaatan Teknlogi Informasi dan Komunikasi untuk meningkatkan pemasaran produk olahan pertanian UKM di Kabupaten Lombok Barat. (2) Mengetahui kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk meningkatkan pemasaran produk olahan pertanian UKM di Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penentuan daerah sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Jumlah responden ditentukan menggunakan metode slovin sebanyak 24 pengusaha produk olahan pertanian UKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan pemasaran produk olahan pertanian UKM di Kabupaten Lombok Barat rendah akan tetapi pada penggunaan handphone persentase penggunaan responden sebesar 100 % dan sebagian besar responden mengatakan bahwa: aspek ketersediaan fisik/alat TIK untuk kegiatan pemasaran tinggi, namun pada aspek operasional/penggunaan TIK untuk kegiatan pemasaran rendah sehingga mempengaruhi pada aspek manfaat penggunaan TIK untuk kegiatan pemasaran rendah. (2) Kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan TIK untuk meningkatkan pemasaran produk olahan pertanian UKM di Kabupaten Lombok barat adalah a) Koneksi internet yang lambat, b) Surat izin usaha dan c) Pemahaman dalam pengaplikasian TIK yang kurang, dan d) Keterbatasan sumberdaya manusia (SDM).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Meningkatkan Pemasaran, Usaha Kecil dan Menengah (UKM).
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Jun 2020 01:02
Last Modified: 24 Jun 2020 01:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15925

Actions (login required)

View Item View Item