ANALISIS KOMPARASI PENDAPATAN USAHATANI DAN PEMASARAN CABAI KERITING HIBRIDA PETANI MITRA DAN NON MITRA PT. EAST-WEST SEED INDONESIA DI KECAMATAN MONTONG GADING LOMBOK TIMUR

Baiq, Partis Di Amal (2020) ANALISIS KOMPARASI PENDAPATAN USAHATANI DAN PEMASARAN CABAI KERITING HIBRIDA PETANI MITRA DAN NON MITRA PT. EAST-WEST SEED INDONESIA DI KECAMATAN MONTONG GADING LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ PARTIS DI AMAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi pola kemitraan yang dijalankan oleh petani dengan PT. East West Seed Indonesia di Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur, (2) Menganalisis pendapatan usahatani petani mitra dan non mitra PT. East West Seed Indonesia di Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur, (3) Menganalisis pengaruh kemitraan terhadap peningkatan pendapatan usahatani petani cabai merah keriting di Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur. (4) Menganalisis saluran pemasaran cabai keriting hibrida di Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan kuantitatif. Analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Model kemitraan yang dilakukan petani cabai keriting hibrida dengan PT. East West Seed Indonesia adalah model kemitraan Subkontrak; (2) Pendapatan usahatani cabai keriting hibrida petani mitra adalah Rp286.022.508/Ha sedangkan untuk petani non mitra pendapatannya sebesar Rp84.830.519/Ha; (3) Pengaruh kemitraan terhadap pendapatan usahatani adalah sebesar 237,16% dan melalui pengujian statistik diketahui bahwa terdapat perbedaan signifikan dan nyata antara pendapatan petani mitra dengan petani petani non mitra; (4) Saluran pemasaran produk cabai keriting hibrida bagi petani mitra adalah dari petani ke petani kunci lalu diserap oleh PT. East West Seed Indonesia dan berakhir pada pembeli benih, sedangkan untuk petani non mitra dimulai dari petani, lalu ke pedagang pengepul, pedagang pengecer dan terakhir ke konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kemitraan, Pendapatan Usahatani, PT. East West Seed Indonesia, Saluran Pemasaran.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Jun 2020 01:04
Last Modified: 24 Jun 2020 01:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15929

Actions (login required)

View Item View Item