STUDI POPULASI DAN PENYEBARAN MONYET EKOR PANJANG (Macaca fascicularis) DI SEPANJANG JALAN WISATA KAWASAN HUTAN PUSUK SEMBALUN

Hendi, Yuda Winata (2020) STUDI POPULASI DAN PENYEBARAN MONYET EKOR PANJANG (Macaca fascicularis) DI SEPANJANG JALAN WISATA KAWASAN HUTAN PUSUK SEMBALUN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BISMILLAH SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) ditemukan disepanjang jalan wisata kawasan Hutan Pusuk Sembalun, kabupaten Lombok Timur. Tingginya interaksi antara monyet ekor panjang dengan manusia dilokasi ini dapat mempengaruhi populasi monyet ekor panjang. Penelitian terkait populasi Monyet ekor panjang dilokasi ini belum pernah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mempelajari populasi dan persebaran Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) di sepanjang jalan wisata kawasan Hutan Pusuk Sembalun. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari bulan Februari sampai April 2020. Metode yang yang digunakan adalah Metode Reconnaisance atau pengintaian pada jalur yang sudah ada. Penyebaran Monyet ekor panjang dianalisis menggunakan GPS (Global Positioning System). Hasil penelitian ini menjunjukan bahwa terdapat 128 total individu (6 kelompok) dengan ukuran rata-rata populas adalah 21 individu perkelompok. Struktur umur keselurahan yaitu berdasarkan kelas umur dewasa, remaja, juvenile dan bayi yaitu 58 : 40 : 17 :13 dengan perbandingan Sex ratio tota pada populasi ini adalah 1 : 2,2. Monyet ekor panjang dilokasi ini mulai tersebar pada ketinggian 1290 hingga 1635 mdpl yang dipengaruhi oleh keberadaan sumber air, sumber pakan, manusia dan satwa lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci ; Monyet ekor panjang, Satwa, Populasi, Penyebaran
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Jun 2020 01:05
Last Modified: 24 Jun 2020 01:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15931

Actions (login required)

View Item View Item