ANALISIS PENDAPATAN KELOMPOK TANI HUTAN DAN POTENSI PNBP ROTAN MELALUI SKEMA KEMITRAAN DI BKPH SEJORONG MATAIYANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT

Faiza, Amaliya (2020) ANALISIS PENDAPATAN KELOMPOK TANI HUTAN DAN POTENSI PNBP ROTAN MELALUI SKEMA KEMITRAAN DI BKPH SEJORONG MATAIYANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Faiza Amalia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

pemungutan rotan serta untuk mengetahui potensi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari hasil Hutan Bukan Kayu Rotan. Lokasi penelitian terletak di Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan Sejorong Mataiyang pada Kelompok Tani Hutan (KTH) Ai Sanger desa Mataiyang Kecamatan Brang Ene dan KTH Taruna Mengadang desa Lalar Liang Kecamatan Taliwang. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan kuesioner kepada 20 responden yang dilakukan pada bulan Februari 2020. Metode analisis yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif terkait identitas responden, pendapatan petani dan PNBP. Hasil penelitian menunjukan bahawa, pendapatan pertahun yang didapatkan oleh petani sangat beragam, berkisar antara Rp. 4.835.000 sampai dengan Rp. 27.685.000. Sedangkan untuk pendapatan pertahun kelompok tani didapatkan Rp. 44.496.000 untuk KTH Ai Sanger dan Rp. 13.752.000 untuk KTH Taruna Mengadang. Selain perbedaan dari harga jual beli yang dilakukan, kuantitas dari rotan juga yang mempengaruhi nilai pendapatan kelompok, hal ini dikarenakan oleh usia, tenaga yang dikeluarkan, nilai Total Fixed Cost (TFC) dari masing-masing responden serta izin mulai melakukan pemungutan. Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) adalah pungutan yang dibayar oleh orang pribadi atau badan dengan memperoleh manfaat langsung maupun tidak langsung atas layanan atau pemanfaatan sumber daya dan hak yang diperoleh negara. Potensi PNBP yang ada tidak sesuai dengan realitas yang dibayarkan, karena yang dibayarkan untuk KTH Ai Sanger sebesar Rp. 4.238.244 pertahun sedangkan potensinya sebesar Rp. 23.348.800 ton/kawasan/thn dan untuk KTH Taruna Mengadang sebesar Rp. 5.239.512 pertahun sedangkan potensinya sebesar Rp. 20.628.000 ton/kawasan/thn.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci; Kemitraan, Pendapatan Petani, PNBP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Jun 2020 01:09
Last Modified: 24 Jun 2020 01:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15933

Actions (login required)

View Item View Item