KEMAMPUAN GURU BAHASA INDONESIA SMP NEGERI 1 SUMBAWA DALAM MENDESAIN DAN MENERAPKAN RENCANA PEMBELAJARAN TEKS HASIL OBSERVASI

Wiwik, Surya Utami (2020) KEMAMPUAN GURU BAHASA INDONESIA SMP NEGERI 1 SUMBAWA DALAM MENDESAIN DAN MENERAPKAN RENCANA PEMBELAJARAN TEKS HASIL OBSERVASI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru bahasa Indonesia dalam mendesain dan menerapkan rencana pembelajaran teks hasil observasi di dalam kelas, yang mana di tinjau dari kesesuaian pokok materi pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan RPP yang telah di desain pada awal semester. Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif dengan metode deskriptif karena dalam penelitian ini bertujuan menggambarkan dan memaparkan isi dari objek yang akan diteliti.Sumber data penelitian adalah guru kelas VII SMP Negeri 1 Sumbawa yang merupakan salah satu sekolah favorit dan sekolah rujukan di kabupaten Sumbawa, itulah yang menjadi salah satu alasan memilih sekolah tersebut sebagai tempat penelitian.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah simak, baca, dengar, catat dan cakap. Teknik simak dipakai untuk mengumpulkan data dengan menyimak proses pembelajaran dikelas dengan menyesuaikan dengan RPP. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru SMP Negeri 1 Sumbawa dalam menerapkan desain pembelajaran sudah dapat dikategorikan baik, sebagian besar dari butir-butir instrument penilaian pada kemampuan guru telah dapat di kuasai, namun perlu ada peningkatan komunikasi dan kerjasama dengan guru non PNS yang tidak tergabung dalam kelompok MGMP, sehingga guru non PNS tersebut dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam mengajar dan menerapkan RPP didalam kelas. Guru yang pernah mengikuti pelatihan kurikulum 2013, serta tergabung dalam MGMP tentu akan sangat mempengaruhi kemampuan dalam membuat dan mendesain rancangan pembelajaran. Karena guru tersebut memiliki wawasan lebih dibandingkan guru yang jarang ikut serta pada pelatihan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kemampuan guru, mendesain, menerapkan, teks observasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:21
Last Modified: 25 Jun 2020 02:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15938

Actions (login required)

View Item View Item