PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SDN 10 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ITRATINI, ITRATINI (2020) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SDN 10 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap minat belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN 10 Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tipe Quasi Eksperimen Design tipe Nonequivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 10 Mataram yang berjumlah 57 siswa.Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling total.Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi, angket digunakan untuk data minat belajar siswa yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas.Analisis data diawali dengan uji normalitas dengan rumus Kolmogorov Smirnov data kelas eksperimen dengan hasil KSh 0,130 < KSt 0,254, dan data kelas kontrol dengan hasil KSh 0,175< KSt 0,242, yang berarti kedua data berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan homogenitas dengan hasil Fh 1,263< Ft 4,02 yang berarti data bersifat homogen. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus Polled varians dengan hasil thitung 4,865 > ttabel2,004 pada taraf signifikan 5% (0,05), sehingga (Ha) diterima dan (H0) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata minat belajar di kelompok eksperimen dan kelompok kontrol . Uji lanjutan dalam penelitian ini menggunakan rumus effect size Cohen’s d dengan hasil 0,973 > 0,8 yang berarti bahwa pengaruh metode mind mapping terhadap minat belajar sangat besarberdasarkan klasifikasi effect size.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Mind Mapping, Pembelajaran Tematik, Minat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Jul 2020 02:31
Last Modified: 13 Jul 2020 02:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15945

Actions (login required)

View Item View Item