PEMANFAATAN SANTAN KELAPA (Cocos nucifera) DAN GULA PASIR SEBAGAI MEDIA PRODUKSI BAKTERI Bacillus thuringiensis ENTOMOPATOGENIK TERHADAP LARVA Aedes aegypti

Kezia, Eki Safira (2020) PEMANFAATAN SANTAN KELAPA (Cocos nucifera) DAN GULA PASIR SEBAGAI MEDIA PRODUKSI BAKTERI Bacillus thuringiensis ENTOMOPATOGENIK TERHADAP LARVA Aedes aegypti. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI KEZIA EKI SAFIRA G1A015012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bacillus thuringiensis merupakan bakteri gram positif yang toksik terhadap larva nyamuk Aedes aegypti, sehingga dapat dijadikan sebagai biolarvasida dalam usaha pengendalian larva nyamuk Aedes aegypti. Berdasarkan penelitian ini diharapkan media penumbuh alternatif yakni santan kelapa (Cocos nucifera) dan gula pasir dapat menjadi solusi dalam produksi biolarvasida. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menumbuhkan bakteri Bacillus thuringiensis isolat lokal Mataram pada media alami yakni santan kelapa (Cocos nucifera) dan gula pasir, dan mengukur toksisitas bakteri Bacillus thuringiensis isolat lokal Mataram yang ditumbuhkan pada media tersebut terhadap larva nyamuk Aedes aegypti. Kombinasi media santan kelapa (Cocos nucifera) dan gula pasir yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1:1 (50 gr : 50 gr), 1:3 (50 gr : 150 gr), 1:5 (50 gr : 250 gr), 1:7 (50 gr : 350 gr). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bacillus thuringiensis secara umum mampu tumbuh pada media alami santan kelapa (Cocos nucifera) dan gula pasir. Pertumbuhan sel dan endospora tertinggi didapatkan pada media perbandingan 1:7, sedangkan kristal protein tertinggi didapatkan pada perbandingan 1:5. Toksisitas tertinggi didapatkan pada media perbandingan 1:5 dengan nilai LC50 pada pengamatan 72 jam ialah 4,78 x 103 sel/mL. Semakin banyak kandungan gula pada media alami (santan kelapa dan gula pasir), semakin tinggi konsentrasi kristal protein yang dihasilkan. Toksisitas maksimal yang didapatkan tidak selalu pada perbandingan dengan kandungan gula tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Bacillus thuringiensis, Aedes aegypti, Santan Kelapa, Gula Pasir
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:37
Last Modified: 19 Jun 2020 03:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15955

Actions (login required)

View Item View Item