Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas II SDN 2 Dasan Geria Tahun Pelajaran 2019/2020

IRA, INDRIANINGSIH (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas II SDN 2 Dasan Geria Tahun Pelajaran 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IRA INDRIANINGSIH E1E016056.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas II SDN 2 Dasan Geria tahun pelajaran 2019/2020. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design tipe Nonequivalen Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Nilai rata-rata postest siswa kelas eksperimen sebesar 76,76 sedangkan kelas kontrol 70,38. Selanjutnya data hasil belajar dianalisis menggunakan uji nonparametrik, diperoleh hasil nilai Sig.2-tailed < 0,05 (0,003 < 0,05) pada taraf kepercayaan 95%. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas II SDN 2 Dasan Geria tahun pelajaran 2019/2020. Peneliti menyarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match sebagai salah satu alternatif dalam penyelesaian masalah hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jun 2020 01:53
Last Modified: 29 Jun 2020 01:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15960

Actions (login required)

View Item View Item