Gambaran Penggunaan Antibiotik pada Pasien Pneumonia Anak Berdasarkan Profil Kuman Di Instalasi Rawat Inap RSUD Provinsi NTB Tahun 2018

Lina, Sugiani (2020) Gambaran Penggunaan Antibiotik pada Pasien Pneumonia Anak Berdasarkan Profil Kuman Di Instalasi Rawat Inap RSUD Provinsi NTB Tahun 2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LINA SUGIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Pneumonia merupakan peradangan akut pada jaringan paru yang disebabkan oleh berbagai mikroorganisme, termasuk bakteri patogen. Pneumonia pada anak masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia, hal ini terlihat dari angka morbiditas dan mortalitas sebesar 3,55% dan 1,13% dari seluruh kejadian pneumonia pada pasien anak di Indonesia. Pemberian antibiotik, baik secara empirik maupun berdasarkan hasil kultur dan tes sensitivitas, merupakan komponen penting dalam tatalaksana pneumonia pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil penggunaan antibiotik untuk kasus pneumonia di Bangsal Anak RSUD Provinsi NTB. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian potong lintang yang melibatkan seluruh subjek anak yang menjalani rawat inap dengan pneumonia di Bangsal Anak RSUD Provinsi NTB selama periode Januari – Desember 2018 Dilakukan pengambilan data karakteristik demografik dan klinik subjek penelitian. Hubungan antara pola pemberian antibiotik (monoterapi atau kombinasi) dan jenis antibiotik dengan lama waktu perawatan dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji Kai-kuadrat. Hasil: Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 98 orang. Sebagian besar subjek berusia ≤5 tahun dengan proporsi jenis kelamin laki-laki dan perempuan relative sebanding. Sebagian besar subjek mendapatkan terapi kombinasi, yaitu dominan pada kombinasi penisilin- aminoglikosida. Pada pasien yang mendapatkan monoterapi, sebagian besar mendapatkan sefalosporin generasi ke-3. Tidak terdapat hubungan antara pola pemberian antibiotik dan lama waktu rawat inap. Pemberian antibiotik monoterapi berhubungan dengan lama waktu perawatan yang lebih pendek, namun tidak pada pemberian antibiotik kombinasi. Kesimpulan: Sebagian besar pasien anak dengan pneumonia yang dirawat di Bangsal Anak RSUD Provinsi NTB mendapatkan terapi antibiotic kombinasi. Penggunaan antibiotik monoterapi berhubungan secara bermakna dengan lama waktu rawat inap yang lebih pendek.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pneumonia, pola pemberian antibiotik, jenis antibiotik
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jun 2020 01:54
Last Modified: 29 Jun 2020 01:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15962

Actions (login required)

View Item View Item