PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS III KECAMATAN SELAPARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

YANA, HAFIANDA RAHIM (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS III KECAMATAN SELAPARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Selaparang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini sebanyak 198 siswa yang terdiri dari 5 sekolah. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non probability sampling dengan cara pengambilan sampel yaitu purposive sampling dimana SDN 22 Mataram sebagai kelas (eksperimen) dan SDN 46 Mataram sebagai kelas (kontrol) yang berjumlah 49 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan tes hasil belajar. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji-t (t-test) Polled Varians dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil hitung analisis statistik t-test diperoleh hasil thitung > ttabel pada pretest dan posttest kelas kontrol dan eksperimen. Pretest kontrol dan eksperimen mendapat nilai yaitu 3,16 > 1,678 pada taraf siginifikansi 5%. Sedangkan posttest kontrol dan eksperimen yaitu 3,76 > 1,678 pada taraf signifikansi 5%, maka H0 (hipotesis nihil) yang diajukan ditolak dan sebaliknya Ha (hipotesis alternatif) diterima dan hal ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar sebelum diberikan perlakuan dengan sesudah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divison (STAD). Berdasarkan peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Gugus III Selaparang tahun pelajaran 2019/2020 yang ditandai dengan <g> kelas eksperimen sebesar 0,45 kategori sedang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 0,32 kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Selaparang tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Model Pembelajaran STAD, Hasil Belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jun 2020 01:54
Last Modified: 29 Jun 2020 01:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15965

Actions (login required)

View Item View Item