PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PELAKSANAAN TRADISI NYONGKOLAN SUKU SASAK DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH (Studi Di Kecamatan Praya)

EDI, SATRIAWAN (2020) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PELAKSANAAN TRADISI NYONGKOLAN SUKU SASAK DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH (Studi Di Kecamatan Praya). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peneletian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pelaksanaan tradisi nyongkolan suku sasak di Kabupaten Lombok Tenga dikategorikan sebagai yang mempertaankantradisi leluur dan mekanisme perlindungan ukum adat, serta apa upaya yang dapat ditempuh oleh masyarakatuntuk mendapat perlindunganukum teradap pelaksaan tradisi nyongkolan suku sasak di Kabupaten Lombok Tenga. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian hukum normatif-empiris, dengan metode pendekatan Perundang-undangan, pendekatan konseptual dan pendekatan sosiologis, denganteknik pengumpulan data adalah studi pustaka/studi dokumen dan wawancara/interview. Berdasarkan hasil penelitian tradisi nyongkolan dapat dikategorikan sebagai tradisi atau adatyang seharusnya mendapat perlindungan hukum. Mekanisme perlindungan hukum tradisi nyongkolanberupa pendafataran, pengawasan, pembinaan dan gugatan terhadap pelanggaran. Upaya perlindungan hukum yang dapat ditempuh upaya hukum preventif dan represif

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Perlindungan Hukum, Tradisi Nyongkolan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jun 2020 02:03
Last Modified: 29 Jun 2020 02:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15976

Actions (login required)

View Item View Item