STUDI KOMPARASI PEMASARAN UBI JALAR ANTARA MUSIM PENGHUJAN DAN DI KABUPATEN LOMB Dwi Wahyu Setiawati Ningsih UNIVERSITAS MATARAM KELAYAKAN USAHATANI DAN MUSIM KEMARAU LOMBOK TIMUR

Setiawati Ningsih, Dwi Wahyu (2018) STUDI KOMPARASI PEMASARAN UBI JALAR ANTARA MUSIM PENGHUJAN DAN DI KABUPATEN LOMB Dwi Wahyu Setiawati Ningsih UNIVERSITAS MATARAM KELAYAKAN USAHATANI DAN MUSIM KEMARAU LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk : 1). mengetahui pendapatan usahatani ubi jalar pada musim kemarau dan musim penghujan di Kabupaten Lombok Timur, 2). mengetahui usahatani ubi jalar layak diusahakan pada musim penghujan dan musim kemarau di Kabupaten Lombok Timur, dan 3). mengetahui saluran dan efisiensi pemasaran ubi jalar pada musim kemarau dan musim penghujan di Kabupaten Lombok Timur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1). Rata-rata pendapatan yang diperoleh petani dalam melakukan usahatani ubi jalar musim penghujan sebesar Rp 54.474.185 per hektar dan musim kemarau Rp 54.389.476 per hektar; (2). Usahatani ubi jalar berdasarkan RC ratio pada musim penghujan dan musim kemarau sama-sama layak diusahakan, karena nilai RC ratio dari masing-masing musim lebih dari satu. Nilai RC ratio pada musim penghujan sebesar 4,82 dapat diartikan bahwa setiap biaya yang dikelurkan sebesar Rp 1.000 maka penerimaan yang diperoleh sebesar Rp 4.820. Sedangkan nilai RC ratio pada musim kemarau sebesar 4,81 dapat diartikan bahwa setiap biaya yang dikelurkan sebesar Rp 1.000 maka penerimaan yang diperoleh sebesar Rp 4.810. Uji t tes perbandingan kelayakan usahatani ubi jalar pada musim penghujan dengan musim kemarau pada taraf kesalahan (α) 0,05 dapat disimpulan bahwa t hitung (0,1507) lebih kecil dari t tabel (2,1683) atau berada di daerah Ho diterima, artinya tidak ada perbedaan yang nyata antara kelayakan usahatani ubi jalar pada musim penghujan dengan musim kemarau; (3). Saluran pemasaran ubi jalar di Kabupaten Lombok Timur baik pada musim penghujan maupun pada musim kemarau Tahun 2016 yaitu: 1). Petani → Pedagang Pengumpul → Konsumen Akhir; 2). Petani → Pedagang Pengumpul → Pengecer → Konsumen Akhir. Pemasaran ubi jalar baik pada musim penghujan maupun musim kemarau sama-sama tidak efisien, berdasarkan kriteria share petani dan distribusi keuntungan.Tetapi berdasarkan margin pemasaran, pemasaran ubi jalar pada musim kemarau lebih efisien dibandingkan dengan musim penghujan. Saluran pemasaran ubi jalar di Kabupaten Lombok Timur baik pada musim penghujan maupun pada musim kemarau pada Tahun 2016 belum efisien.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Komparasi kelayakan, Usahatani, Pemasaran
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 24 Mar 2018 03:59
Last Modified: 24 Mar 2018 03:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1600

Actions (login required)

View Item View Item