EFEKTIVITAS PENYALURAN PUPUK BERSUBSIDI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI DI KECAMATAN WOJA KABUPATEN DOMPU

Sri, Kurniawati Ningsih (2020) EFEKTIVITAS PENYALURAN PUPUK BERSUBSIDI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI DI KECAMATAN WOJA KABUPATEN DOMPU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_SRI KURNIAWATI NINGSIH_EFEKTIVITAS PENYALURAN PUPUK BERSUBSIDI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDAPA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)

Abstract

Efektivitas pada umumnya digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan dalam kegiatan yang dilakukan.Dengan demikian efektivitas merupakan suatu pendekatan yang digunakan untuk melihat tercapai atau tidaknya tujuan atau program yang ditentukan.Salah satu bentuk kebijakan pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan (meningkatkan produktivitas) adalah dengan memberikan subsidi pupuk.Subsidi pupuk tersebut merupakan upaya pemerintah untuk menjamin ketersediaan pupuk bagi petani dengan harga yang telah ditetapkan pemerintah.Pupuk bersubsidi adalah pupuk yang pengadaan dan penyalurannya mendapat subsidi dari pemerintah untuk kebutuhan petani agar pupuk tersedia ditingkat petani dan terjangkau pembeliannya sehingga dapat meningkatkan kinerja disektor pertanian yang dilaksanakan atas dasar program pemerintah.Keberhasilan kebijakan ini adalah adanya kecocokan, bila metode pelaksanaan kebijakan dilakukan secara sistematis dalam artian sesuai dengan kebijakan subsidi pupuk. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana efektivitas penyaluran pupuk bersubsidi terhadap 4 (empat) indikator keberhasilan subsidi pupuk di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu? 2) Bagaimana pendapatan usahatani padi di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu? 3) Bagaimana pengaruh efektivitas penyaluran pupuk bersubsidi terhadap pendapatan usahatani di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu? Tujuan dilakukan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis tingkat efektivitas penyaluran pupuk bersubsidi dengan menerapkan 4 (empat) indikator di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. 2) Menganalisis pendapatan usahatani di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. 3) Menganalisis pengaruh efektivitas pupuk bersubsidi terhadap pendapatan usahatani di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode dekriptif.Unit analisis dalam penelitian ini adalah usahatani padi yang menggunakan pupuk bersubsidi di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu.Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif.Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Analisis data menggunakan pengukuran efektivitas, pendapatan dan model regresi. Berdasarkan hasil Penelitian disimpulkan bahwa: 1) Secara keseluruhan penyaluran pupuk bersubsidi termasuk kategori Sedang (Cukup efektif) sebesar 66,19 persen. Karena kisaran kriteria penilaian interval berada antara 58,34 – 82,67 persen. 2) Berdasarkan hasil analisis rata-rata biaya produksi usahatani padi sebesar Rp Rp 10.202.230/Ha. Dengan rata-rata pendapatan usahatani padi sebesar Rp 16.905.542/Ha. Serta efisiensi usahatani (R/C) padi yaitu sebesar 2,66 efisien secara ekonomis dan layak diterapkan di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu.3) Berdasarkan hasil Uji Signifikansi Parsial (Uji-t) variabel Harga (X1), Jumlah (X2), Jenis (X3) dan Waktu (X4) non signifikan atau tidak berpengaruh nyata terhadap Pendapatan (Y).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Efektivitas, Pendapatan, Usahatani, Pupuk Bersubsidi.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jun 2020 02:10
Last Modified: 29 Jun 2020 02:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16001

Actions (login required)

View Item View Item