PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO BERBANTUAN MEDIA BELAJAR MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 37 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SITI, HAJIJAH (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO BERBANTUAN MEDIA BELAJAR MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 37 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SITI HAJIJAHFIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe the power of two dengan berbantuan media belajar manipulatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 37 Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, jenis Quasi Ekperimental Designtipe one group pre-test post-test Design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA SDN 37 Cakranegara. Teknik pengumpulan data pada dalam penelitian ini tes hasil belajar kognitif (Pretest-posttest) untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar sebanyak 30 butir soal yang telah memenuhi validitas. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan ttes polled varian. Sebelum melakukan uji hipotesis data yang diperoleh terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh t hitung 6,74 sedangkan t tabel 2,011 pada taraf signifikansi 5% dengan dk 51 sehingga thitung 6,74 > 2,011 maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe the power of two dengan berbantuan media belajar manipulatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 37 Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two, Media Manipulatif, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Jun 2020 02:14
Last Modified: 30 Jun 2020 02:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16009

Actions (login required)

View Item View Item