PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMAN 8 MATARAM

SULASTRI, ETI (2018) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMAN 8 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model learning cycle 7E terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 8 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 8 Mataram tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata untuk pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 26,783 dan 28,333 sedangkan untuk nilai rata-rata post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 60,696 dan 52,667. Hipotesis penelitian diuji dengan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji-t dua pihak diperoleh thitung sebesar 2,071 dan ttabel sebesar1,679 pada db=45. Sesuai kriteria uji hipotesis, jika thitung>ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 8 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Learning Cycle 7E, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 24 Mar 2018 03:59
Last Modified: 24 Mar 2018 03:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1601

Actions (login required)

View Item View Item