PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ARIF RAHMAN HAKIM, MOH. (2020) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran open-ended terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Gugus 2 Labuapi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental designs bentuk One-Group Pretest-Posttest. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas V SD Negeri Gugus 2 Labuapi yang berjumlah 28 orang. Metode yang digunakan untuk pengambilan data yaitu observasi dan tes. Data yang diperoleh, dianalisis dengan uji T-test dengan taraf signifikasi 5% berbantuan SPSS 16.0 for windows. Tetapi terlebih dahulu dilakukan uji Normalitas dengan menggunakan uji One Sample Kolmogorov Smirnov diperoleh nilai Sig. (2-tailed) pretest yaitu 0,218 > 0,05 dan nilai Sig. (2-tailed) posttest yaitu 0,418 > 0,05 sehingga data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil hitung statistik T-test diperoleh nilai thitung sebesar 6.383 dan ttabel sebesar 2,004 jadi hasil thitung > ttabel yaitu sebesar 6.383 > 2,004. Maka dari hasil uji hipotesis tersebut menunjukan H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh pendekatan pembelajaran open-ended terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Gugus 2 Labuapi Tahun Pelajaran 2019/2020. Selain itu, dapat diketahui juga dengan nilai Sig.(2-tailed) yakni sebesar .000 yang berarti .000 < 0,05 maka data memiliki perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Open-Ended, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Jun 2020 02:15
Last Modified: 30 Jun 2020 02:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16011

Actions (login required)

View Item View Item