FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERILAKU AGRESIF SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Studi Kasus di Kelas III SD Negeri 2 Ampenan)

Yofia, Ramadhani (2020) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERILAKU AGRESIF SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Studi Kasus di Kelas III SD Negeri 2 Ampenan). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YOFIA RAMADHANI (E1E016155).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dilakukan di kelas III SD Negeri 2 Ampenan dengan tujuan untuk mengetahui bentuk perilaku agresif siswa dalam proses pembelajaran, faktor-faktor yang mendorong munculnya perilaku agresif siswa dan cara guru dalam menghadapi perilaku agresif siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah 13 orang dengan rincian 3 orang siswa kelas III yang berperilaku agresif yaitu SP, TR, dan AF, 1 orang guru kelas III, 6 orang siswa kelas III sebagai teman dekat siswa yang berperilau agresif, dan 3 orang tua dari siswa yang berperilaku agresif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) bentuk perilaku agresif siswa dibagi menjadi dua jenis yaitu perilaku agresif verbal dan perilaku agresif non verbal. 2) faktor pendorong munculnya perilaku agresif siswa dibagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. 3) cara guru dalam menghadapi perilaku agresif siswa yaitu pemberian nasihat, pemberian hukuman, pemberian kartu konsul, memberikan bimbingan, penempatan tempat duduk di depan, dan memukul.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perilaku Agresif Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Jun 2020 02:17
Last Modified: 30 Jun 2020 02:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16013

Actions (login required)

View Item View Item